Nopri, Rian and Warlizasusi, Jumira and Rini, Rini (2022) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Mts Negeri 1 Kota Lubuklinggau. Masters thesis, IAIN Curup.
Text
RIAN NOPRI (2).pdf Download (1MB) |
Abstract
Guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya, berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran di mana hal tersebut merupakan kinerja dari seorang guru. Akan tetapi dalam kenyataannya masih terdapat guru yang belum mempunyai kinerja yang baik dalam melakukan tugas-tugasnya sebagai seorang guru, seperti masih terdapat guru yang belum sempurna dalam menyusun perangkat pembelajaran dan belum tepatnya dalam menggunakan metode pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di MTs Negeri 1 Kota Lubukinggau Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memakai teknik sampling jenuh di mana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di MTs Negeri 1 Kota Lubuklinggau yang berjumlah 77 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan bentuk pertanyaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis data terbukti bahwa ada pengaruh positif Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri 1 Kota Lubuklinggau yang signifikansi t sebesar 0,00 yang berarti < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai R sebesar 0,331 (33,1%) hasil tersebut menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah (X1) dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y). Artinya semakin tinggi tingkat Kepemimpinan Kepala Madrasah maka semakin meningkat juga kinerja guru. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) di MTs Negeri 1 Kota Lubuklinggau dengan signifikansi t sebesar 0,00 yang berarti < 0,05. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai R sebesar 0,542 (54,2%), hasil tersebut menunjukkan bahwa Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru, dengan demikian, semakin tinggi motivasi kerja guru maka semakin tinggi pula kinerja guru. Adapun hasil analisis korelasi sebagaimana yang telah dijelaskan di atas menjelaskan adanya output regresi yang menunjukkan pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja terhadap kinerja guru diperoleh nilai R Square sebesar 0,549. Angka tersebut menunjukkan variasi nilai kinerja guru yang bisa dijelaskan oleh persamaan regresi yang diperoleh adalah sebesar 54,9 % sedangkan sisa 45,1 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan model regresi yang diperoleh. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:51 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:51 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2760 |
Actions (login required)
View Item |