Implementasi Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas V SD N 113 Rejang Lebong

Praseptiya, Indri (2019) Implementasi Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas V SD N 113 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA .pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dilatar belakangi dengan suatu pendekatan dalam pembelajaran yaitu pendekatan keterampilan proses yang memberikan kesempatan siswa untuk dapat berperan aktif dalam setiap proses pembelajarannya sehingga sangat berkaitan dengan kemampuan psikomotorik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan keterampilan proses dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa kelas V SDN 113 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 113 Rejang Lebong pada semester gasal tahun ajaran 2017/2018 pada materi Tumbuhan Hijau. Teknik pengumpulan data yang digunakan , wawancara, dan dokumentasi yang 1akukan langsungkelapangan. Adapun teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa guru melakukan perencanaan dalam mengimplementasikan pendekatan keterampilan proses melalui memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan keterampilan proses berupa mengamati, mengkasifikasikan, menyimpulkan, serta mengkomunikasikan. Dari semua aspek tersebut sudah dapat di tunjukan siswa yang dilihat dari diskusi kelompok dari pembalajaran ipa. Kemudian dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa guru mengukur hasil psikomotorik siswa melalui empat aspek penilaian psikomotorik yaitu moving, creating, manipulating, serta manipulating. Dari hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwasanya pada pertemuan pertama menunjukan persentase sebesar 59,6% dalam kategori cukup. Kemudian pada pertemuan ke II ini hasil nilai psikomotorik siswa menunjukan persentase yang lebih meningkat dari pada hasil nilai psikomotorik siswa pada pertemuan ke I yaitu dengan persentase nilai sebesar 80,2% dalam kategori baik. Adapun kendala dalam mengimplementasikan pendekatan keterampilan proses Yaitu sarana prasarana seperti perpustakaan, ruanglaboratorium, kemudian dari segi guru yaitu keterbatasan waktu dan pengelolaan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Praseptiya, IndriUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
ReviewerOktori, Agus RiyanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendekatanketerampilan proses dan kemampuan psikomotorik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:18
Last Modified: 25 Oct 2019 04:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item