Perbedaan Hasil Belajar Anak Guru dengan Anak Petani di SDN 56 Lebong

Agustina, Demi and Ifnaldi, Ifnaldi and Arsil, Arsil (2020) Perbedaan Hasil Belajar Anak Guru dengan Anak Petani di SDN 56 Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi demi agustina.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa pendidikan, status dan pekerjaan orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah dan pilihan karir. Oleh karena itu dikatakan bahwa keluarga (orang tua) memegang peranan penting untuk meningkatkan perkembangan anak dan prestasi belajar anak. Tanpa dorongan dan rangsangan dari orang tua, maka perkembangan dan prestasi belajar anak akan mengalami hambatan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa anak guru di SDN 56 Lebong Tahun Ajaran 2019 (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa anak petani di SDN 56 Lebong Tahun Ajaran 2019 (3)Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar anak guru dengan anak petani di SDN 56 Lebong Tahun Ajaran 2019. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa anak guru di SDN 56 Lebong Tahun Ajaran 2019 (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa anak petani di SDN 56 Lebong Tahun Ajaran 2019 (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar anak guru dengan anak petani di SDN 56 Lebong Tahun Ajaran 2019 Penelitian ini menggunakan pola penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa mulai kelas 1-6 SDN 56 Lebong tahun ajaran 2019/2020, didapatkan sampel 25 siswa anak guru dan 24 anak petani yang jumlah totalnya 45 siswa. Metode dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif yang diambil dari nilai raport siswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan komputer dengan melalui uji statistik yang berupa uji t (t-test). Hasil penelitian setelah diadakan analisis (1) Rata-rata atau mean ( ) nilai total mata pelajaran untuk siswa kelas 1-6 di SDN 56 lebong yang berasal dari anak guru adalah 78,56. Dari data tersebut menunjukkan bahwa siswa yang berasal dari anak guru mampu mengikuti dengan baik dan menyerap materi yang diajarkan. Melihat hasil nilai rata-rata itu, siswa anak guru tersebut sudah masuk kriteria bagus. (2) Rata-rata atau mean ( ) nilai total mata pelajaran kelas 1-6 di SDN 56 lebong yang berasal dari anak petani adalah 75,83. Hal itu menunjukkan bahwa siswa yang berasal dari anak petani juga mampu mengikuti dengan baik dan menyerap materi yang disampaikan. Hasil ini menunjukkan selisih sedikit sekali. Selanjutnya dari hasil perhitungan pada uji t (t-test) yang diambil dari hasil total nilai rata-rata total mata pelajaran tersebut, diperoleh data thitung ¬< ttabel 1,52 < 2,01 dan 2,68 yang berati H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya, tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara anak guru dan anak petani di SDN 56 Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustina, DemiUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Arsil, ArsilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Anak Guru dan Anak Petani
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:51
Last Modified: 21 Feb 2023 08:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item View Item