Strategi Pemasaran Pembiayaan Pensiun Pada Bank Syariah Indonesia KC Lubuklinggau.

Nursya'adah, Nursya'adah and Istan, Muhammad and Andriko, Andriko (2023) Strategi Pemasaran Pembiayaan Pensiun Pada Bank Syariah Indonesia KC Lubuklinggau. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Nursya'adah Strategi Pemasaran Pembiayaan Pensiun Pada Bank Syariah Indonesia KC Lubuklinggau. (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan faktor yang sangat besar peranannya dalam suatu perusahaan, terutama dalam menarik minat nasabah. Tanpa adanya strategi pemasaran, masayarakat tidak akan mengenal produk dalam perusahaan tersebut, demikian pula dengan pembiayaan pensiun yang ada di Bank Ssyariah Indonesia KC Lubuklinggau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KC Lubuklinggau dalam mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KC Lubuklinggau efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah, dan kendala yang dihadapi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fied research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Subjek penelitian adalah Bank Syariah Indonesia KC Lubuklinggau, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan teknik dokumentasi serta menganalisis data dengan cara pengumpulan data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran pembiayaan pensiun yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KC Lubuklinggau menerapkan strategi marketing mix 7P, yaitu strategi (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence). Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pemasaran pembiayaan pensiun diantaranya: (1) Promosi melalui media cetak dan elektronik belum terlalu aktif, (2) Tingkat persaingan tinggi, (3) Pengetahuan masyarakat minim tentang produk di Bank Syariah Indonesia KC Lubuklinggau. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pembiayaan Pensiun, dan Kendala

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nursya'adah, Nursya'adahsyaadahnur26@gmail.com
Istan, MuhammadIstanmuhammad1975@gmail.com
Andriko, Andrikoandriandriko@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:51
Last Modified: 21 Feb 2023 08:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item