Rahayu, Santika Dwi and Nasution, Aida Rahmi and Yulizah, Yosi (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 02 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
This is the latest version of this item.
Text
Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 02 Kepahiang.pdf Download (27MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan, yaitu: pelaksanaan pembelajaran literasi numerasi di kelas V SDN 02 Kepahiang belum berjalan secara maksimal dikarenakan belum adanya bahan ajar tambahan untuk mendukung pembelajaran literasi numerasi tersebut sehingga siswa- siswi kelas V SDN 02 Kepahiang belum begitu tertarik untuk mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang: 1) Pengembangan modul pembelajaran pembelajaran matematika berbasis kontekstual dalam meningkatkan literasi numerasi siswa kelas V SDN 02 Kepahiang; 2) Kelayakan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual menurut pakar; 3) Respon siswa terhadap modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual dalam meningkatkan literasi numerasi siswa kelas V SDN 02 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Metode pengumpulan data penelitian ini; 1) Observasi, 2) Angket, 3) Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kualitatif. Data kualitatif yang merupakan hasil nilai validasi dari beberapa para ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Hasil penelitian dari pengembangan ini menghasilkan kelayakan modul yang dikembangkan serta respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Hasil kajian untuk pengembangan modul ini memperoleh nilai kelayakan dari beberapa para ahli yaitu; 1) ahli media yang mendapatkan nilai 3,30 pada kategori “Sangat Layak”, 2) ahli bahasa mendapatkan nilai 2,55 pada kategori “Layak”, 3) ahli materi mendapatkan nilai 2,92 pada kategori “Layak” Dapat disimpulkan beberapa para pakar yaitu hasil skor rata- rata 2,92 dengan kriteria “Layak”. Kemudian respon siswa terhadap modul yang dikembangkan yang dilakukan uji coba skala kecil terhadap 10 siswa terpilih mendapatkan besaran rata- rata 3,15 dengan kriteria “Menarik”
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:51 | ||||||||
Last Modified: | 10 Mar 2023 02:15 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2733 |
Available Versions of this Item
-
Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 02 Kepahiang. (deposited 21 Feb 2023 08:51)
- Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 02 Kepahiang. (deposited 21 Feb 2023 08:51) [Currently Displayed]
- Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 02 Kepahiang. (deposited 21 Feb 2023 08:51)
Actions (login required)
View Item |