Pembinaan Akhlak Siswa Oleh Guru PAI di SMP Negeri 10 Lebong

Suryono, Suryono and Amda, Ahmad Dibul and Sutarto, Sutarto (2021) Pembinaan Akhlak Siswa Oleh Guru PAI di SMP Negeri 10 Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam dan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan menjadi fokus utama bagi sekolah dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 10 Lebong. Secara umum siswa SMP Negeri 10 Lebong menunjukkan perilku yang baik, seperti sopan, patuh dan taat kepada orang tua dan guru, saling menghargai dengan sesama teman dan aktif dalam proses pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler keagamaan seperti tadarus Qur’an, Sholat berjama’ah dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam dan sistematis tentang pembinaan akhlak siswa Oleh Guru PAI di SMP Negeri 10 Lebong. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan berbagai kendala yang ditemui oleh Guru PAI dalam melakukan pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 10 Lebong. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dari Kepala sekolah dan Guru PAI SMP Negeri 10 Lebong, sedangkan teknik analisa data dengan tahapan penyajian dan reduksi data, Pembahsan dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya teknik keabsahan data yang digunakan antaralain Keterpercayaan (Credibility), Keteralihan (Transferability), Keterdalaman (Dependability), serta dapat dikonfirmasikan (confirmability). Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Pertama, Pembinaan Akhlak Siswa oleh Guru PAI di SMP Negeri 10 Lebong antara lain melalui Pembelajaran PAI dengan metode pembiasaan, metode teladan, metode bercerita dan metode sejarah. Kemudian Pembinaan akhlak Siswa oleh guru PAI melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dengan metode pembiasaan yaitu membaca al-Qur’an secara rutin dirumah, kemudian ceramah, nasehat dan cerita kisah atau sejarah, serta monitoring dengan orangtua/wali siswa. Dan Kedua, Kendala yang dihadapi dalam pembinaan akhlak siswa Oleh Guru PAI di SMP Negeri 10 Lebong ini antara lain ada tiga faktor. yaitu, Faktor kurangnya sarana komunikasi, faktor transfortasi yang kurang baik, Faktor keadaan Pandemi Covid-19 saat ini yang mengharuskan proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan akhlak siswa dilaksanakan BDR (Belajar Dari Rumah).

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Suryono, SuryonoUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak, Pembelajaran PAI, Ekstrakurikuler Keagamaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:51
Last Modified: 21 Feb 2023 08:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2721

Actions (login required)

View Item View Item