Inovasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi (Studi di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kampung Delima Curup Timur)

Sakirin, Ibnu and Fakhruddin, Fakhruddin and Sutarto, Sutarto (2021) Inovasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi (Studi di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kampung Delima Curup Timur). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Era globalisasi dan modernisasi ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang transportasi dan komunikasi. Demikian pula pendidikan dan pembelajaran beberapa tahun terakhir ini ditopang oleh kecanggihan sistem, metode dan alat-alat teknologi pembelajaran ciptaan manusia. Pesantren yang kental dengan sistem pembelajarannya yang klasik menjadi sebuah problem sosialisasi dan aktualisasi ini ditambah lagi dengan problem keilmuan, yaitu terjadi kesenjangan, alienasi (keterasingan) dan differensiasi (pembedaan) antara keilmuan pesantren dengan dunia modern. Sehingga terkadang lulusan pesantren kalah bersaing atau tidak siap berkompetisi dengan lulusan umum dalam urusan profesionalisme di dunia kerja. Namun yang menarik untuk diteliti karena di pesantren Muhammadiyah Kampung Delima sudah melakukan Inovasi sistem pembelajaran Tujuan penelitian untuk mengungkapkan sistem, inovasi, peluang dan hambatan yang ditemui dalam melakukan inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pondok Pesantren di era teknologi di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kampung Delima. Penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data Data yang diperoleh dan setelah itu di lakukan penyajian data dan kemudian disimpulkan dan di lakukan verifikasi data dan cek keabsahannya dengan Triangulasi sumber, dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, sistem pembelajaran yang yang diterapkan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kampung Delima adalah pesantren modern dan seperti moto muhammadiyah islam berkemajuan, Kedua inovasi pembelajaran yang dilakukan adalah memperbaiki sistem prmbelajaran ke era modern. Media pembelajaran, sarana prasarana yang sudah menggunakan teknologi Ketiga peluang dan hambatan yang ditemui adalah pesantren muhammadiyah berpeluang menjadi pesantren yang modern dan mampu bersaing dengan sekolah formal hambatan yang di temui dalam proses inovasi sistem yaitu dari elemen pesanTren meliputi tenaga pendidik dan sarana prasarana yang bertahap terpenuhi dan juga kurangnya kesadaran guru guru tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Sakirin, IbnuUNSPECIFIED
Fakhruddin, FakhruddinUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inovasi pembelajaran; sistem pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:50
Last Modified: 21 Feb 2023 08:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item View Item