Strategi Guru Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Azhar Kabupaten Musi Rawas Utara

Sulfiah, Helen and Ifnaldi, Ifnaldi and Fakhruddin, Fakhruddin (2021) Strategi Guru Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Azhar Kabupaten Musi Rawas Utara. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Kebijakan kurikulum berbasis karakter yang merupakan kebijakan pemerintah sudah mulai diimplementasikan oleh berbagai lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga menengah. Di samping itu melihat perkembangan karakter anak bangsa yang sudah mulai tergerus. Termasuk di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam di Kabupaten Musi Rawas Utara, maka dari itu perlu diteliti mengenai nilai-nilai karakter dan strategi penanamannya di MI tersebut. Fokus dan pertanyaan penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimana nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada peserta didik di MI Nurul Azhar, (2) Bagaimana strategi guru menanamkan nilai karakter peserta didik di MI Nurul Azhar. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 4 subjek atau informan. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi teknik., triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian di MI Nurul Azhar didapatkan: (1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada peserta didik meliputi 6 nilai karakter utama yaitu; jujur, disiplin, empati, tanggung jawab, mandiri dan cinta tanah air. (2) Strategi guru menanamkan nilai karakter pada peserta didik dalam proses pembelajaran dikelas, kegiatan pembiasaan, keteladanan, kegiatan rohis, dan menggunakan buku pemantau. Implikasi strategi guru untuk menanamkan nilai karakter terlihat dengan adanya perubahan sikap dan tingkah laku peserta didik seperti tidak terlambat ke sekolah, lebih tertib sholatnya, dan timbulnya kesadaran dalam diri siswa untuk melakukan pembiasaan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Sulfiah, HelenUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Fakhruddin, FakhruddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai, Karakter, Strategi, Guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:50
Last Modified: 21 Feb 2023 08:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item