Anggraini, Desi and Arbaini, Wiwin and Arsil, Arsil
(2020)
Model Pembelajaran Remi (Rajin, Efektif, Menyenangkan Dan Imajinatif) dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa.
Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 12 (2).
pp. 14-27.
ISSN Print ISSN : 1858-4152 Online ISSN : 2715-5684
(Unpublished)
Full text not available from this repository.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran tentang penerapan model pembelajaan REMI (raji, efektif, mengenyangkan, dan imajinatif) dalam meningkatkan kemampuan perpikir kritis siswa di MTs N 01 kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan guru al-Qur’an dan hadis menjadi informan kunci dalam penelitian ini. Guna memperoleh data yang dapan dipertanggungjawabkan, penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul barulah data dipilih atau direduksi, selanjutnya disajikan dan ditarik kesimpulan sebagai jawaban pertanyaan penelitian. Penelitian ini memperoleh simbulan bahwa Pertama, model pembelajaran REMI mempunyai peran positif bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran, motivasi belajar siswa meningkat dan mereka menyatakan tertarik untuk belajar materi Qur’an hadis yang selama ini dianggap membosankan; Kedua, kemampuan siswa setelah diterapkan model pembelajaran REMI mengalami peningkatan dan ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan berfikir kritis antara siswa yang memiliki sikap posisif dan sikap negatif terhadap mata pelajaran Al-Quran Hadist kelas VIII MTs 01 Kepahiang.
Actions (login required)
|
View Item |