Dampak Negatif Penggunaan Gadget (Handphone) Dalam Pengelolaan Waktu Belajar Anak Usia SMP Di Rt 01 Kelurahan Pelabuhan Baru

Sandrawita, Elis (2019) Dampak Negatif Penggunaan Gadget (Handphone) Dalam Pengelolaan Waktu Belajar Anak Usia SMP Di Rt 01 Kelurahan Pelabuhan Baru. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET (HANDPHONE) DALAM PENGELOLAAN WAKTU BELAJAR ANAK USIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di RT 01 Kelurahan Pelabuhan Baru anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) belum mampu mengelola waktu belajar mereka dengan baik. Hal ini disebabkan sulitnya anak melepaskan diri mereka dari penggunaan gadget, sehingga menyebabkan pengelolaan waktu belajar anak belum terkelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana dampak negatif penggunaan gadget (handphone) dalam pengelolaan waktu belajar anak usia SMP di RT 01 Kelurahan Pelabuhan Baru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian terdiri dari, anak usia SMP di RT 01 Kelurahan Pelabuhan Baru, orangtua dan pemerintah kelurahan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman. Untuk menyajikan data agar mudah dipahami, maka langkahlangkah dalam kegiatan analisis yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions). Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah : pertama gadget yang mereka punya hanya dimanfaatkan sebatas media hiburan, gadget yang digunakan belum bisa dimanfaatkan sebagai media belajar. Kedua, waktu belajar anak belum terkelola dengan baik. Hai ini ditandai dengan tidak adanya jadwal belajar anak di rumah. Ketiga, gadget berdampak negatif terhadap anak dengan adanya gadget waktu belajar anak tidak terkelola dengan baik, disamping itu sulitnya anak melepaskan diri dari penggunaan gadget, lemahnya daya kontrol orangtua, tidak ada kebijakan dari pemerintah kelurahan terhadap batas waktu penggunaan gadget, lingkungan yang kurang mendukung dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sandrawita, ElisUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
ReviewerYanuarti, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dampak Negatif Penggunaan gadget; Pengelolaan Waktu Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:18
Last Modified: 25 Oct 2019 04:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item