Pola Pengembangan Karakter Religius pada Siswa di SMP IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong

Lestari, Tri and Sutarto, Sutarto and Dedi, Syarial (2020) Pola Pengembangan Karakter Religius pada Siswa di SMP IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Masa SMP merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja, di mana biasanya anak remaja ini susah diatur dan memiliki banyak konflik seperti kenakalan remaja, pergaulan bebas, tawuran, bulliying. Di sekolah pun proses pembentukan karakter sangat begitu menyulitkan guru untuk diterapkan dan dikembangkan untuk anak remaja di sekolah SMP pada umumnya. Tetapi SMP IT Rabbi Radhiyya mampu mencetak karakter religius yang sangat bagus yang dimiliki oleh siswanya. Kelebihan karakter di SMP IT Rabbi Radhiyya ini dibanding dengan sekolah yang lain yaitu karakter yang dikembangkan disekolah ini, karakter tersebut tidak hanya menjadi formalitas semata tetapi sudah menjadi kepribadian siswa itu sendiri, tidak hanya dilaksanakan di sekolah tetapi dikerjakan juga di rumah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan case study, tujuan metode ini adalah: yang pertama, mengetahui pola pengembangan karakter religius pada nilai ibadah siswa Kedua, mengetahui secara mendalam pola pengembangan karakter religius pada nilai akhlak siswa. Lokasi penelitiannya di SMPIT Rabbi Radhiyya dengan teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan adapun teknik analisis data diperoleh dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dengan melaksanakan keabsahan data dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Karakter religius yang dikembangkan di SMPIT Rabbi Radhiyya meliputi nilai-nilai ibadah dan akhlak. Pengembangan nilai-nilai ibadah tersebut bertujuan untuk membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, mandiri dan rasa ingin tahu. Pembentukan karakter ini melalui program shalat tepat waktu, pelaksanaan shalat wajib berjamaah dan sholat sunnah secara mandiri, program menghafal Al-Qur'an dan program kultum dan mabit. Pengembangan nilai-nilai akhlak bertujuan untuk membentuk karakter disiplin, jujur, peduli sosial, toleransi, bersahabat/komunikatif dan menghargai prestasi. Akhlak yang diterapkan di sekolah seperti akhlak kepada guru (hormat, patuh, dan sopan) akhlak kepada sesama (tolong menolong dan kerja sama), akhlak kepada diri sendiri seperti (kejujuran dan kedisiplinan). Pembentukan karakter melalui nilai ibadah dan akhlak tersebut dilaksanakan melalui pemberian pengetahuan (knowing) melalui infusi pada mata pelajaran, berbagi kisah/pengalaman sebelum belajar, mentoring. Mengembangkan perasaan (feeling) melalui motivasi sebelum belajar, mentoring, pendekatan personal, dan nasehat. Pembiasaan (doing) melalui pengontrolan, pengecekan, pelatihan dan pemberian reward dan punisment.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, TriUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Dedi, SyarialUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Pengembangan, Karakter Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:49
Last Modified: 21 Feb 2023 08:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item