Hartaty B, Hartaty B and Hidayat, Rahmad and Azwar, Beni (2020) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di MTs Al Madani Lubuklinggau. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Proses pendidikan yang diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran dipengaruhi komponen kurikulum. Kurikulum merupakan acuan terlaksananya kegiatan pembelajaran. Pemerintah telah menerbitkan kurikulum 2013 sebagai kurikulum berkarakter yang menjadi pedoman sekolah untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam membentuk karakter peserta didik. Pemerintah memberi kewenangan bagi sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan kondisi suatu lembaga pendidikan. MTs Al Madani Lubuklinggau telah melaksanakan pengembangan kurikulum PAI dengan latar belakang antara lain pencapaian tujuan pendidikan madrasah, perwujudan visi misi dan tuntutan masyarakat yaitu mempersiapkan peserta didik yang mempunyai ilmu pengetahuan, berprestasi, beriman dan bertaqwa pada Allah SWT serta berakhlakul karimah. Karena selama ini pelaksanaan pengembangan kurikulum terhambat oleh kurangnya sarana prasarana dan guru profesional yang mendukung terlaksananya pengembangan kurikulum PAI, dan sekarang MTs Al Madani telah memiliki sarana prasarana tersebut seperti tersedianya masjid, buku-buku PAI, Al Qur’an dan tenaga pendidik yang profesional sehingga terlaksana pengembangan kurikulum PAI. Adapun langkah-langkah MTs Al Madani dalam pengembangan PAI yaitu merencanakan pengembangan dengan menganalisa kebutuhan madrasah, menetapkan tujuan, membentuk tim pengembang kurikulum, menetapkan tujuan, mengklasifikasikan materi, menetapkan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kurikulum dalam kegiatan pembelajaran dan evaluasi pelaksanaan kurikulum. Pelaksanaan pengembangan kurikulum PAI diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler. Melalui kegiatan pembelajaran PAI yaitu menanamkan nilai-nilai ajaran Islam sehingga membentuk karakter religius siswa yaitu siswa terbiasa melaksanakan shalat, termotivasi menghapal ayat-ayat Al Qur’an dan berakhlakul karimah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dapat diformulasikan rumusan masalah penelitian:(1)Bagaimana perencanaan pengembangan kurikulum PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Al Madani Lubuklinggau, (2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kurikulum PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Al madani Lubuklinggau, (3) Bagaimana hasil pengembangan kurikulum PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Al Madani Lubuklinggau. Agar penelitian ini lebih fokus penelitian ini dibatasi sebagai berikut: (1) Perencanaan pengembangan kurikulum PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Al Madani, (2) Pelaksanaan pengembangan kurikulum PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Al Madani Lubuklinggau, (3) hasil pengembangan kurikulum PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Al Madani Lubuklinggau. Dari batasan tersebut dapat dikemukakan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Mengetahui perencanaan pengembangan kurikulum PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Al Madani Lubuklinggau, (2) Mengetahui pelaksanaan pengembangan kurikulum PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Al Madani Lubuklinggau, (3) Mengetahui hasil pengembangan kurikulum PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Al Madani Lubuklinggau. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan cara mengeksplorasi peristiwa dan keadaan di tempat penelitian dengan cara mengumpulkan data dan dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, yang memadukan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dan teknik analisis data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa MTs Al Madani mengembangkan kurikulum PAI melalui perencanaan tujuan dan langkah-langkah pelaksanaan yang diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran PAI (intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler) yaitu menanamkan nilai-nilai ajaran Islam secara teori dan praktek, sehingga kegiatan pembelajaran PAI semakin bervariasi sesuai dengan kebutuhan madrasah dan peserta didik seperti shalat Dhuha dan Zhuhur berjamaah, tahfiz, kultum ba’da shalat zhuhur, muhadhoroh, praktek al barzanji, PHBI, serta kegiatan infak dan sedekah pada setiap hari jum’at dan kegiatan sosial yaitu membantu warga sekolah yang mendapat musibah. Melalui pengembangan materi dan kegiatan pembelajaran PAI tersebut siswa dapat memperoleh berbagai pengetahuan tentang ajaran Islam, mempraktekkannya, dan terbiasa melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dan berakhlakul karimah, sehingga terbentuk karakter religius siswa MTs Al Madani Lubuklinggau.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:49 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:49 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2692 |
Actions (login required)
View Item |