Analisis Implementasi Kurikulum Terintegrasi dalam Membentuk Karakter Siswa

Suhadi, Harisman and Warsah, Idi and Sutarto, Sutarto (2020) Analisis Implementasi Kurikulum Terintegrasi dalam Membentuk Karakter Siswa. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Munculnya sekolah yang mengintegrasikan beberapa kurikulum bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran siswa. Salah satu sekolah yang telah menerapkan kurikulum terintegrasi adalah SMP IT Khairu Ummah Rejang Lebong. Penelitian ini difokuskan pada implementasi kurikulum terintegrasi dan karakter siswa di SMP IT Khairu Ummah Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi dalam mengimplementasikan kurikulum terintegrasi di SMP IT Khairu Ummah adalah melalui dua pendekatan yaitu pendekatan umum dan khusus. Pendekatan umum adalah dengan cara memadukan nilai-nilai karakter ke dalam setiap mata pelajaran yang disebut kesimbangan dunia akhirat. Sedangkan pendekatan khusus dalam pembentukan karakter siswa adalah melalui kegiatan bina pribadi islam. Untuk menguatkan nilai-nilai karakter yang diajarkan di sekolah, Pihak SMP IT Khairu Ummah berkomitmen agar guru-gurunya menjadi teladan serta melakukan pengawasan dengan jalan menjalin kerjasama kepada pihak ketiga dan orang tua siswa. Dalam pengembangan kurikulum, sekolah melibatkan kepala sekolah, guru, yayasan, komite, tim Pakar pendidikan dari Jaringan sekolah Islam Terpadu. setelah kurikulum disusun, para guru diminta membuat perencanaan kegiatan belajar mengajar. dalam hal ini, mereka harus mengembangkan silabus yang telah di susun Jaringan Sekolah Islam Terpadu, ke dalam bentuk rencana pelaksanaan pelajaran, menyusun strategi pembelajaran dan lain lain. Implementasi kurikulum berdasarkan perencanaan telah dibuat dalam rencana pelajaran yang ditandai dengan terintegrasinya nilai-nilai karakter dalam setiap mata pelajaran. Dan juga pada pelaksanaan kegiatan bina pribadi islam. Pendidikan karakter sesungguhnya tidak hanya di sekolah saja tetapi di lingkungan, di rumah juga harus di bina. Karena itu komitmen bersama dalam mengatasi kendala yang ada harus dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Suhadi, HarismanUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Terintegrasi; Membentuk Karakter Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:49
Last Modified: 21 Feb 2023 08:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item