Pengaruh Komunikasi dalam Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Lebong

Supriyanti, Supriyanti and Azwar, Beni and Baryanto, Baryanto (2020) Pengaruh Komunikasi dalam Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi supriyanti.pdf - Accepted Version

Download (364MB)

Abstract

Komunikasi adalah proses penyampaian gagasan harapan dan pesan melalaui lembaga tertentu, mengandung arti yang dilakukan oleh penyampaain pesan menurut Widjaya komunikasi pada umunya diartikan sebagai hubungan atau kegiatan yang ada kaitannya dengan masalah hubungan atau arti pula dalam tukar-menukar pendapat. Komunikasi dapat juga diartikan sebagai hubungan kontak antar manusia baik individu atau kelompok. Ditujukkan kepada penerima pesan. Secara etemologis komunikasi berarti proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain, pengertian ini jelas bahwa komunikasi melibatkan sejumlah orang, dimana seseorang menyatakan sesuatu kepada orang lain. Dalam pengertian paradikmatis komunikasi mengandung tujuan tertentu, ada yang dilakukan secara lisan, secara tatap muka, atau melalui media. Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Jadi hasil belajar hakikatnya yaitu perubahan perilaku peserta didik meliputi aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik. Sehingga setiap pendidikan pastinya akan mengharapkan agar hasil belajar peserta didiknya itu meningkat setelah melakukan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode lapangan, adapun data yang diambil dari SMPN 17 Lebong dalam mentuk angket, kemudian hasil angket dikelola dengan menggunakan rumus product moment. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dekumentasi, dan observasi. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: pertama, komunikasi dalam keluarga kurang baik dengan thitung = -0,45. Kedua, hasil beajar siswa kelas VIII SMPN 17 Lebong menunjukkan kategori kurang baik denagan thitung = 3,57. Ketiga, dapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel komunikasi dalam keluarga terhadap hasil belajar siswa di SMPN 17 Lebong. 0,711 yang menunjukkan adanya pengaruh yang sangat signifikan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Supriyanti, SupriyantiUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Baryanto, BaryantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:49
Last Modified: 21 Feb 2023 08:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item