Peran Orang Tua dalam Pendidikan Keluarga Menurut Al-Qur’an (Studi Analisis terhadap Q.S. Luqman ayat 12-19 Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Al-Mishbah)

Hafizudin, Hafizudin and Warsah, Idi and Yusefri, Yusefri (2020) Peran Orang Tua dalam Pendidikan Keluarga Menurut Al-Qur’an (Studi Analisis terhadap Q.S. Luqman ayat 12-19 Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Al-Mishbah). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai pedoman hidup bagi manusia dalam menata kehidupannya, agar memperoleh kebahagiaan lahir dan batin, di dunia dan di akherat kelak. Konsep-konsep yang dibawa al-Qur’an selalu relevan dengan problema yang dihadapi manusia, karena ia turun untuk memberikan penjelasan tentang pendidikan dalam beberapa surat di dalamnya salah satunya terdapat dalam surat Luqman ayat 12-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi kandungan tentang pendidikan dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 menurut pendapat Mufassirin, untuk mengetahui tentang peran orang tua dalam pendidikan keluarga menurut al-Qur’an. Berangkat dari kerangka pemikiran bahwa pentingnya pendidikan dalam keluarga merupakan konsekuensi dari rasa tanggung jawab orang tua terhadap anaknya, anak merupakan amanat Allah SWT bagi orang tuanya. Oleh karena itu orang tua dituntut untuk menjadi pendidik yang mampu memberikan pengetahuan pada keluarga dan anak-anaknya, dan memberikan sikap yang positif dengan mengikuti konsep pendidikan yang dipakai Luqman kepada anaknya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (Library Reseach), yaitu jenis penelitian ini dilakukan dengan cara eksplorasi terhadap paparan para mufassirin melalui kitab-kitab yang ditulisnya, diantaranya: Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Al-Misbah Serta dilengkapi dengan buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan Islam. Dengan demikian peran orang tua dalam pendikikan keluarga yang terdapat dalam surah lukman ayat 12-19 dari pendapat Hamka dan M. Quraish Shihab penulis dapat menganalisa beberapa: pertama: Mengajarkan Ilmu (Ta’lim) pengetahuan Islam terhadap anak-anaknya kedua: Menanamkan (Ta’dib) nilai-nilai keimanan dalam jiwa anak ketiga: Mendidik (Tarbiyah) anak agar taat menjalankan perintah-perintah agama keempat: Memberikan (uswatun hasanah) teladan yang baik kepada anak-anak terutama yang berkenaan dengan akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Hafizudin, HafizudinUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Yusefri, YusefriUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:48
Last Modified: 21 Feb 2023 08:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2677

Actions (login required)

View Item View Item