Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kelemahan Bacaan Al-Quran Siswa di SMP Negeri 19 Rejang Lebong

Estugiati, Estugiati and Masudi, Masudi and Komalasari, Bakti (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kelemahan Bacaan Al-Quran Siswa di SMP Negeri 19 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Estugiati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Quran diturunkan tidak sekedar untuk dibaca dalam arti pelafalan kata dan kalimat-kalimatnya saja, tetapi yang paling penting adalah pemahaman, penghayatan dan pengamalannya. Dalam agama Islam melaksanakan pendidikan dan pengajaran Al-Quran adalah amalan ibadah kepada Allah SWT. Orang tua yang mengajar anak didik baca tulis Al-Quran merupakan bentuk pemenuhan hak terhadap anak, yaitu hak untuk memelihara anak agar terhindar dari api neraka. Melihat kenyataan pada saat ini masih banyak sekali siswa yang mengalami kelemahan bacaan Al-quran seperti pada siswa di SMP Negeri 19 Rejang Lebong. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya guru pendiidkan agama Islam dalam mengatasi kelemahan baca tulis Al-quran dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam mengatasi kelemahan baca tulis Al-quran. Jenis penelitian yang gunakan merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitataif merupakan penelitian dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk katakata dan bahasa dalam suatu konteks khusus yang alamiah dengan menggunakan berbagai metode ilmiah, pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa, pertama upaya guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 19 Rejang Lebong dilakukannya penghafalan dan penyetoran ayat-ayat Al-quran, kemudian diulang kembali setiap pergantian bab materi mata pelajaran, mengaji secara bersama-sama setiap hari kecuali hari jum’at menjelang sholat zuhur dan biasanya menggunakan metode belajar halaqah dimana menyimak satu sama lain. Kedua faktor pendukung guru dalam mengatasi kelemahan bacaan Al-quran ini yaitu tersediakannya sarana tempat berupa mushola dan juga buku-buku yang berkaitan dengan keagamaan berupa Alquran dan Iqra. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam hal ini merupakan kurangnya waktu dan masih rendahnya minat siswa yang masih menganggap sepele, sehingga kurang disiplin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Estugiati, EstugiatiUNSPECIFIED
Masudi, MasudiUNSPECIFIED
Komalasari, BaktiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kelemahan Bacaan Al-quran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:48
Last Modified: 21 Feb 2023 08:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item View Item