Pengaruh Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Baca Qur’an Terhadap Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Mts Muhammadiyah Curup

Ningsih, Sulastri and Rahman, Abdul and Amin, Muhammad (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Baca Qur’an Terhadap Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Mts Muhammadiyah Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
SKRIPSI SULASTRI NINGSIH.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Pengaruh Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Baca Qur’an Terhadap Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Curup. Dilatar belakangi strategi pembelajaran practice rehearsal pairs yang mempengaruhi keterampilan membaca al-qur’an siswa, studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan : Bagaimana praktek strategi pembelajaran practice rehearsal pairs baca qur’an kelas VIII MTs Muhammadiyah Curup?, bagaimana keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Curup?, Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran practice rehearsal pairs baca qur’an terhadap keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Curup?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran practice rehearsal pairs, untuk mengetahui keterampilan membaca Al-Qur’an siswa, dan untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran practice rehearsal pairs baca qur’an terhadap keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Curup. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling, sampel yang diambil menggunakan simple random sampling dalam penelitian ini diambil sebanyak 78 siswa dan siswi di Mts Muhammadiyah Curup. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah t-test satu sampel dan korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi : pertama, strategi pembelajaran practice rehearsal pairs di Mts Muhammadiyah Curup diperoleh T_hitung = 5,72 > T_tabel taraf 5% yaitu 1.991254395, dari 78 siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 62,62 % dapat diterima. Kedua, keterampilan membaca Al-Qur’an siswa di Mts Muhammadiyah Curup diperoleh T_hitung = 9,710 > T_tabel taraf 5% yaitu 1.991254395, dari 78 siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 69,48% dapat diterima. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran practice rehearsal pairs dan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa di Mts Muhammadiyah Curup. Berdasarkan hasil perhitungan statistik koefisien korelasi product moment hal ini ditunjukan oleh koefisien korelasi xy r_hitung = 0,7028 > r_tabel 5% = 0,223, ini berarti signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi lembaga Mts Muhammadiyah Curup, para guru dan juga siswa siswi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ningsih, SulastriUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: strategi practice rehearsal pairs,keterampilan membaca Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:48
Last Modified: 21 Feb 2023 08:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item