Penggunaan Media Kantong Stik Berhitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah

Utami, Nadia Putri and Rahman, Abdul and Yunita Putri, Rizki (2022) Penggunaan Media Kantong Stik Berhitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah. Sarjana thesis, Insitut Agama Islam Negri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal yang menunjukkan adanya kemampuan berhitung permulaan pada anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup yang masih terbilang kurang. Hal ini dikarenakan oleh strategi dan metode mengajar guru yang masih konvensional yang hanya bertumpuh pada metode ceramah dan hanya menggunakan alat bantu sempoa. Akibatnya anak menjadi bosan dan kurang memperhatikan guru saat pembelajaran. Untuk itu diperlukan strategi atau metode permainan yang tepat untuk bisa mengajak anak menjadi fukos dalam memperlihatkan guru pada saat proes pembelajaran . Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : sejauh mana penggunaan media kantong stik berhitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media kantong stik berhitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B TK Aisyiyah. Jenis penelitian yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau sering disebut dengan classroom action research . Action research merupakan istilah dari penelitian tindakan. Adapun subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui Media Kantong Stik Berhitung secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak. Ini dapat dilihat dari tindakan prasiklus, siklus I, dan siklus II yang terjadi peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak yang signifikan. Selanjutnya melalui pendekatan media pembelajaran kantong stik berhitung anak dapat lebih aktif dan memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung 1-20, Kantong Stik Berhitung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Utami, Nadia Putrinadiaputrutami@gmail.com
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Yunita Putri, Rizkirizkiyunitaputri@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung 1-20, Kantong Stik Berhitung
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:03
Last Modified: 22 Feb 2023 08:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item View Item