Efektivitas Permainan Egrang Batok Kelapa Dalam Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup

Kinansih, Ayu Retno and Puspitasari, Rini and Amrillah, Taufik (2022) Efektivitas Permainan Egrang Batok Kelapa Dalam Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan motorik kasar anak di Tk Aisyiyah belum sepenuhnya dilakukan. Hal ini dilatarbelakangi hasil observasi awal yang menunjukan kemampuan motorik kasar anak belum berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan hanya untuk pengembangan motorik halusnya saja. Akibatnya kemampuan motorik kasarnya tidak berkembang. Untuk itu diperlukan strategi dan metode permainan yang tepat untuk bisa mengajak ank dan juga melatih perkembangan motorik kasarnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adalah 1) Bagaimana melakukan gerakan secara koordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan dengan permainan egrang batok kelapa ? 2) Apakah dengan bermain egrang batok kelapa dapat mengembangkan motorik kasar anak usia dini ? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan permainan egrang batok kelapa di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup. 2) Bermain egrang batok kelapa dapat meningkatkan motorik kasar anak usia dini di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau sering disebut dengan classroom action research. Action research merupakan istilah dari penelitian tindakan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup. Objek penelitian adalah motorik kasar dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil peneliti an menunjukan bahwa peningkatan kemampuan motorik kasar anak meningkat setelah diadakan tindakan. Pada tindakan prasiklus diperoleh rata- rata presentase 35,71%, siklus I 64,58 % dan siklus II diperoleh rata-rata presentase 90,17%. Sehingga secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan motorik kasar. Ini dapat dilihat dari tindakan prasiklus, siklus I dan siklus II. Kata kunci : Motorik kasar, Permainan Egrang Batok Kelapa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kinansih, Ayu Retnoayuretnokinansi456@gmail.com
Puspitasari, Rinipuspitasaririni076@gmail.com
Amrillah, Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Motorik kasar, Permainan Egrang Batok Kelapa
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:05
Last Modified: 22 Feb 2023 08:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

View Item View Item