Pelaksanaan Pembelajaran Tahsin dan Tahfiz Al-Quran (T2Q) pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Rabbani di Kabupaten Kepahiang

Filenti, Elkin and Sutarto, Sutarto and Ridwan, Rifanto Bin (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Tahsin dan Tahfiz Al-Quran (T2Q) pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Rabbani di Kabupaten Kepahiang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Robbani Kepahiang mempunyai program andalan yang mampu memikat masyarakat yaitu program tahsin dan tahfizh Al-Quran (T2Q). Program tersebut sudah mampu menjadikan anak didik membaca (tahsin) dan menghafal (tahfizh) Al-Quran dengan lancar dan benar sesuai dengan kaedah ilmu tajwid. Hal ini terbukti dengan banyaknya siswa SDIT Cahaya Rabbani yang sering menjuarai perlombaan tahsin dan tahfizh Al-Quran di Kabupaten Kepahiang, siswa mampu mencapai target yang ditetapkan, bahkan lulusan yang dihasilkan mampu membaca Al-Quran dan hafal juz 30 dengan lancar, benar makhrojnya, benar tajwidnya serta bisa menerapkan irama hijaz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pelaksanaan pembelajaran tahsin dan tahfizh Al-Quran, untuk mengungkapkan pelaksanaan metode pembelajaran tahsin dan tahfizh Al-Quran dan mendiskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran tahsin dan tahfizh Al-Quran di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informen penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator T2Q, ustadz dan ustadzah pengajar tahsin dan tahfizh Al-Quran, wali kelas, wali murid, dan siswa di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang. Teknik penentuan informen adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah kredibilitas (derajat kepercayaan), dependabilitas (kebergantungan), dan konfirmabilitas (kepastian). Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang menunjukkan bahwa; tujuan pembelajaran tahsin Al-Quran adalah untuk membantu siswa membaca Al-Quran dengan lancar, benar makhrojul hurufnya, benar tajwidnya dan mampu menerapkan irama hijaz. Tujuan pembelajaran tahfizh Al-Quran adalah untuk membantu siswa agar mampu menghafal Al-Quran juz 30 dengan lancar, benar makhrojul huruf, benar tajwid dan mampu menerapkan irama hijaz. Metode yang digunakan pada pembelajaran tahsin dan tahfizh Al-Quran adalah dengan menggunakan metode wafa, Evaluasi Pembelajaran tahsin dan tahfizh Al-Quran adalah ujian MID Semester, Penilaian Akhir Semester (PAS), Pra Munaqasyah dan Munaqasyah serta setiap selesai membaca 1 buku wafa untuk ujian tahsin dan setiap selesai 1 surah Al-Quran untuk ujian tahfizh.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Filenti, ElkinUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Ridwan, Rifanto BinUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:47
Last Modified: 21 Feb 2023 08:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2663

Actions (login required)

View Item View Item