Metode Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa Di SMKIT Rabbi Radhiyyah

Depisi, Wahyu (2018) Metode Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa Di SMKIT Rabbi Radhiyyah. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
METODE GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN SISWA DI SMK IT RABBI RADHIYYAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menghafal Al-Quran dikenal istilah tahfidz Qur’an yang merupakan upaya mengakrabkan orang-orang yang beriman dengan kitab sucinya, sehingga ia tidak buta terhadap yang ada di dalam. Kaum muslimin saat ini dalam kondisi awam terhadap kitab sucinya, terbukti masih lagkahnya nilai-nilai Al-Qur’an yang membudaya dan menyatu dalam kehidupan mereka. Pembelajaran tahfiz Qur’an merupakan upaya yang sistematik dan disengaja oleh pendidik kepada peserta didik agar dapat memasukkan ayat-ayat Al-Qur’an di ingatan, dan dapat mengucapkan diluar kepala tanpa melihatnya. Siapapun dapat menghafal Al-Qur’an , anak-anak, remaja, bahkan orang tua, baik sebagian atau seluruh Al-Qur’an. Penghalang utama menghafal Al-Qur’an adalah sifat malas, tidak ada kemauan, hilang akal dan mati hati. Jika penyakit-penyakit tersebut lenyap, insyaallah Al-Qur’an akan mudah dihafal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) pendekatan derkriptif kualitattif, dengan mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara serta mengumpulkan dokumentasi yang terkait .analisis data memfokuskan pada pengumpulan data yang berkaitan dengan penelitian kemudian dirincikan secara teliti. memilih hal-hal yang pokok, kemudian disajikan data dengan mendeskripsikan hasil penelitian agar mudah dipahami. Tahap terakhir kemudian menyimpulkan data yang telah diperoleh dengan cara memberikan jawaban dari penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode yang digunakan guru dalam meningkatkan belajar menghafal Al-Quran siswa di SMK IT Rabbi Radhiyyah adalah sebagai berikut: Pertama metode kitabah dan metode wahdah. Kedua, metode jama. Ketiga, metode literasi Al-Quran. (2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam menerepkan metode menghafal Al-Quran siswa di SMK IT Rabbi Radhiyyah adalah sebagai berikut: Faktor penghambat, pertama masih ada siswa yang belum baik bacaan Al-Quran nya, kedua sifat dan pola pikir siswa yang berbeda-beda, ketiga masih siswa yang belum sepenuh hati untuk menerima pelajaran. Faktor pendukung, pertama faktor dari siswa itu sendiri, kedua faktor sarana penunjang belajar. (3) Faktor pendukung dan penghambat siswa dalam menghafal Al-Quran di SMK IT Rabbi Radhiyyah adalah sebagai berikut: Faktor pendukung, pertama faktor sarana dan prasarana, kedua faktor guru yang mengajar.Faktor penghambat, pertama banyaknya tugas, kedua kurang fokus dalam menghafal, ketiga siswa yang terpengaruh dengan teman yang lain yang tidak menghafal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Depisi, WahyuUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerWarsah, IdiUNSPECIFIED
ReviewerKarolina, AsriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode; Guru; Menghafal Al-Quran.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:17
Last Modified: 25 Oct 2019 04:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item