Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Transaksi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Bank Muamalat Kantor Cabang Curup

Oktasari, Erlena and Noprizal, Noprizal and Umam Khudori, Khairul (2022) Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Transaksi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Bank Muamalat Kantor Cabang Curup. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Erlena okta.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran merupakan kegiatan yang harus dilakukan setiap perusahaan,kegiatan ekonomi terkhusus pada setiap lembaga Keuangan. Karena dengan adanya kegiatan pemasaran tersebut maka tujuan suatu perusahaan maupun lembaga bisa tercapai. Serta tidak dapat dipungkiri perubahan teknologi yang tidak dapat dihindari setiap perusahaan, lembaga maupun organisasi untuk lebih kreatif dan meningkatkan inovasi dalam proses pemasaran agar tidak ketinggalan zaman dengan kecanggihan teknologi. Digital marketing menjadi peran utama dalam penelitian ini sejauh manakah sasaran yang dimaksud mampu menerapkan digitalisasi tersebut. Tujuan utama penelitian ini untuk menganalisis digital marketing yang diterapkan Bank Muamalat Kantor Cabang Curup sebagai strategi dalam meningkatkan transaksi pada masa pandemi covid-19 ini. Dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam proses pelaksanaan secara digital di Bank Muamalat Kantor Cabang Curup. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu peneliti melakukan wawancara secara langsung di lapangan dengan Sub Brand Manager, Marketing, dan Customer Service yang memiliki pemahaman terkait digital marketing di Bank Muamalat kantor cabang Curup sebagai sumber data penelitian. Dalam penelitian ini data sekunder didapat dari website resmi Bank Muamalat Kantor Cabang Curup. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa, strategi digital marketing bank muamalat kantor cabang Curup, yaitu menetapkan tujuan, pemetaan target pasar, melakukan analisis, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi maupun pengontrolan. Dalam memasarkan produk bank muamalat menggunakan media sosial seperti handphone genggam, laptop, tablet, dan komputer yang terhubung dengan internet. Untuk via nya menggunakan via whatsapp, instagram, tiktok dan youtube karena media itu yang kemudian menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Digital marketing yang digunakan belum maksimal karena ada sedikit kendala yang dihadapi. Adapun kendala yang dihadapi Bank Muamalat Kantor Cabang Curup yaitu, pengguna media sosial seperti instagram kurang banyak jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya kalau di Curup lebih menggunakan facebook, Bank Muamalat sekarang sudah mulai meninggalkan facebook beralih ke tiktok, jadi, jalur-jalurnya berbeda bank muamalat lebih fokus ke tiktok. Banyaknya persaingan membuat keharusan dalam meningkatkan inovasi dan juga kreatifitas Bank Muamalat dalam mengemas produk yang akan dipasarkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Oktasari, ErlenaUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Umam Khudori, KhairulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Digital Marketing, Kendala-kendala.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:47
Last Modified: 21 Feb 2023 08:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2656

Actions (login required)

View Item View Item