Analisis Karakter Guru Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong

Exstrada, Eko and Kusen, Kusen and Warsah, Idi (2019) Analisis Karakter Guru Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
THESIS Eko Exstrada 17871004.pdf - Accepted Version

Download (13MB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Karakter guru PAI dalam membentuk Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong (2) Faktor yang mempengaruhi terbentuknya Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong (3) Bagaimana gambaran Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong (4) Apa hambatan dalam membentuk Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong. dan upaya pemecahannya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bercorak deskriptif. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk mengamati fenomena yang muncul di lapangan, di samping itu juga digunakan pendekatan multidisipliner yakni; pendekatan pedagogis, teologis normatif, dan sosiologis. Untuk menguji validitas data, peneliti mencocokkan dan membandingkan data dari berbagai sumber, baik sumber lisan (hasil wawancara), tulisan (pustaka), maupun data hasil observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa (1) Karakter guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong. menanamkan nilai-nilai keislaman secara subtansial dan universal sehingga tercapai tujuan utama sebagai guru PAI di sekolah. (2) faktor yang mempengaruhi terbentuknya Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong, yaitu: faktor pendidikan, faktor pergaulan, faktor keluarga. (3) Gambaran Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong dapat dinilai mengalami perkembangan, namun masih banyak yang perlu dibenahi terhadap pembinaan pemahaman ajaran-ajaran Islam secara komprehensif terutama di dalam pelaksanaan ibadah ritual dan nilai- nilai etika akhlakul karimah. (4) hambatan dalam membentuk Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong yaitu: a) hambatan metodologis meliputi kurikulum yang luas cakupannya, b) adanya pengulangan pada materi, c) minimnya media pembelajaran khususnya alat peraga serta terbatasnya waktu yang disiapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Exstrada, EkoUNSPECIFIED
Kusen, KusenUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:47
Last Modified: 21 Feb 2023 08:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item