Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran di SMA Negeri 4 Rejang Lebong

Aljupri, Abu Bakar and Hidayat, Rahmad and Sutarto, Sutarto (2020) Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tutor sebaya untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Quran di SMA N 4 Rejang Lebong. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dalam penerapan model pembelajaran tutor sebaya untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Quran di SMA N 4 Rejang Lebong. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Rejang Lebong pada tahun pelajaran 2019/2020. Informan pada penelitian ini terdiri dari guru PAI, wali kelas, dan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan pengamatan langsung pada saat kegiatan pembelajaran. teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini bersifat induktif deskriptif di mana analisis dilaksanakan berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan menjadi penemuan sementara, selanjutnya dicarikan data lagi secara berulang ulang sehingga selanjutnya dapat disimpulkan berdasarkan data yang terkumpul. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan sebagai berikut: Pertama, Pelaksanaan penerapan model pembelajaran tutor sebaya untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Quran di SMA N 4 Rejang Lebong dilaksanakan melalui kegiatan pemetaan kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tindak lanjut. Kedua, Faktor pendukung kegiatan pembelajaran membaca dengan model pembelajaran tutor sebaya adalah faktor tujuan, faktor pendidik, faktor peserta didik, faktor media, fasilitas dan faktor lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan pembelajaran membaca Al Quran dengan model pembelajaran tutor sebaya adalah faktor pendidik, faktor peserta didik, lingkungan sosial dan manajemen sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Aljupri, Abu BakarUNSPECIFIED
Hidayat, RahmadUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Kesulitan Membaca Al-Quran.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:47
Last Modified: 21 Feb 2023 08:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2653

Actions (login required)

View Item View Item