Kerjasama Orangtua dan Guru dalam Membina Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Tazakka Muratara

Bayan, Zulkarnain and Warzah, Idi and Sutarto, Sutarto (2019) Kerjasama Orangtua dan Guru dalam Membina Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Tazakka Muratara. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Selain guru dan pihak sekolah, orangtua sangat berperan aktif dalam mewujudkan karakter religius santri di Pondok Pesantren, di rumah, maupun di lingkungan masyarakat. Maka dari itu perlu adanya kerjasama yang baik antara orangtua dan guru, Kerjasama inilah yang dapat membina karakter santri yang religius sesuai dengan tujuan dari Pondok Pesantren Tazakka Muratara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam membina karakter religius santri dipondok pesantren tazakka muratara, strategi orangtua dalam membina karakter religius santri di Pondok Pesantren Tazakka Muratara dan dampak kerjasama orang tua dan guru dalam membina karakter religius santri di Pondok Pesantren Tazakka Muratara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data, observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan karakteristik atau aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati dangan tahapan sebagai berikut: Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama guru dan orangtua dalam membina karakter religius santri di pondok pesantren tazakka muratara adalah 1) dengan menggunakan buku monitoring untuk menghubungkan orangtua dengan guru, 2) dengan menggunakan telephone jika menggunakan buku monitoring tidak ada respon dari orangtua. Kedua, strategi untuk membina karakter religius santri di pondok pesantren tazakka muratara adalah 1) pembiasaan seperti membiasakan santri untuk salam senyum sapa pada siapapun dan membiasakan diri untuk berwudhu dari kamar, 2) keteladanan seperti guru memberikan pendidikan moral kepada Santri baik dari segi perkataan, perbuatan, cara berpakaian, cara bergaul, dan sebagainya, c) pembinaan disiplin peserta didik, setiap pagi sebelum jam pertama dimulai semua santri wajib membaca asmaul husna, membaca satu lembar Al-Qur‟an dan wajib sholat dzuhur berjamaah di masjid. Ketiga, dampak kerjasama guru dan orangtua dalam membina karakter religius santri di pondok pesantren tazakka muratara adalah 1) Wali santri ikut andil dalam membina karakter santri, 2) orang tua dapat mengetahui apa yang sedang terjadi pada anaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Bayan, ZulkarnainUNSPECIFIED
Warzah, IdiUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Orangtua dan Guru, Karakter Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:47
Last Modified: 21 Feb 2023 08:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2652

Actions (login required)

View Item View Item