Sukma, Wareha and Amda, Ahmad Dibul and Kusen, Kusen (2019) Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SDN 04 Kepahiang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran saat ini minim menggunakan media pembelajaran modern sehingga yang muncul adalah (1). para siswa tersebut merasa kesulitan belajar PAI khususnya aspek al-Quran karena guru belum menemukan komposisi yang tepat menggunakan metode pembelajaran, (2). Siswa kurang konsentrasi pada saat mengikuti pembelajaran hal ini dikarenakan motivasi siswa masih tergolong rendah pada mata pelajaran PAI.(3) Hasil belajar siswa ditakutkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan hasil belajar di SDN 04 Kepahiang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati .Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan hanya bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena dalam situasi tertentu. Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SD Negeri 04 Kepahiang mengalami peningkatan setelah memanfaatkan teknologi Speaker di setiap pemberian materi. Guru menggunakan media/alat ini untuk menumbuhkan kesenangan siswanya terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dan dapat terbukti bahwa siswa yang menerima materi dengan cara melihat dan mendengar akan selalu mengingatnya, memahami dan mengetahui. Oleh karena itu, ada ketertarikan tersendiri dari siswa dalam belajar. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 04 Kepahiang, guru menggunakan teknologi yang telah ada yaitu media komputer, power point, overhead projector, LCD dan internet namun yang lebih banyak di gunakan yaitu penggunaan Speaker. Hal ini dilakukan karena dengan menggunakan peralatan-peralatan teknologi siswa akan mudah menyerap materi karena antusias siswa yang tinggi dalam belajar sehingga diharapkan agar siswa bisa meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran PAI | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:47 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:47 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2650 |
Actions (login required)
View Item |