Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa (Studi Pada Siswa Kelas Vii Mts Baitul Makmur Curup Kabupaten Rejang Lebong)

Lasmita, Deri (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa (Studi Pada Siswa Kelas Vii Mts Baitul Makmur Curup Kabupaten Rejang Lebong). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU K~1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang karena peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Keagamaan Siswa kelas di MTs Baitul Makmur Curup. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui kondisi bagaimana pelaksanaan model pembelajaran CTL; 2) untuk mengetahui kondisi perilaku keagamaan siswa; 3) untuk membuktikan adakah pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di MTs Baitul Makmur Curup. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan sampel berjumlah 40 siswa di kelas VII B dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket selanjutnya data tersebut di analisis menggunakan rumus T-test satu sampel dan rumus Korelasi Kontingensi. Rumus tersebut bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan perilaku keagamaan siswa serta mencari pengaruh antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap perilaku keagamaan siswa. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis data maka dapat disimpulkan bahwa: 1) pelaksanaam model pembelajaran CTL siswa lebih tinggi dari skor yang diharapkan (sedang); 2) perilaku keagaman siswa lebih besar dari skor yang diharapkan (baik); 3) berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan korelasi kontingensi dengan menggunakan α sebesar 5% di peroleh rhitung > rtabel (1,483 > 0,304) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak hal tersebut menunjukkan ada korelasi positif yang signifikan antara model pembelajaran CTL terhadap perilaku keagamaan siswa di MTs Baitul Makmur Curup. Diharapkan guru selalu membimbing siswa nya dalam pembentukan, pemahaman dan penerapan akidah dan akhlak siswa karena guru adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pembentukan perilaku keagamaan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lasmita, DeriUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerNuzuar, NuzuarUNSPECIFIED
ReviewerArbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL; Mata Pelajaran Akidah Akhlak; Perilaku Keagamaan Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:17
Last Modified: 25 Oct 2019 04:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item