Analisis Kebijakan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Lubuklinggau

Afan, Mufti and Kusen, Kusen and Yanto, Murni (2019) Analisis Kebijakan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Lubuklinggau. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian kegiatan ekstrakurikuler Rohis di MAN 2 Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) sebagai alat melakukan analisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Pengumpulan data pada proses analisis yaitu wawancara, observasi, studi dokumen, dan angket. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, pembina Rohis, peserta/anggota Rohis serta perwakilan wali murid. Hasil penelitian adalah sebagai berikut 1) Aspek Konteks (Context) berada pada kategori tinggi, sebagian besar sudah terpenuhi dengan baik, dari profil program berupa (visi, misi, tujuan dan latar belakang) jelas dan rinci, program sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dibuktikan dengan meningkatnya peserta. Namun, tidak tersedianya AD/ART khusus tentang kegiatan Rohis, sebab kepala sekolah beranggapan ekstrakurikuler Rohis suatu hal yang sudah biasa berjalan dan berada dibawa organisasi sekolah (OSIS). 2) Aspek Masukan (Input) berada pada kategori tinggi, sebagian besar komponen masukan sudah terpenuhi dengan baik, di mana kegiatan Rohis Jangka Pendek terdiri dari Program Harian, Program Mingguan, dan Program Bulanan, sementara itu program tahunan yang terdiri dari Mabit, Tafakur Alam, Seni Nasyid dan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) tidak semuanya terlaksana dengan sempurna karena hambatan yang berasal dari siswa maupun pembina sendiri maupun pihak sekolah. 3) Aspek Proses (Process) berada pada kategori tinggi dan seluruh komponen sudah cukup terlaksana dengan baik, namun pembentukan dan pembiasaan karakter dalam kegiatan di sekolah harus lebih ditingkatkan lagi dari segi nilai religius, disiplin dan rasa ingin tahu siswa. 4) Aspek Produk (Product) berada pada kategori tinggi, sebagian besar komponen produk pada kegiatan ekstrakurikuler Rohis telah mendapat hasil yang cukup baik dari segi penanaman nilai-nilai karakter yang dilaksanakan, dan internalisasi dalam kehidupan siswa, baik selama di sekolah maupun di luar sekolah, begitu juga dengan hasil prestasi yang di raih baik akademik maupun non akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Afan, MuftiUNSPECIFIED
Kusen, KusenUNSPECIFIED
Yanto, MurniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kebijakan, CIPP, Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis, MAN 2 Lubuklinggau.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:47
Last Modified: 21 Feb 2023 08:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2645

Actions (login required)

View Item View Item