Prinsip Pembelajaran dalam Perspektif Al-Quran (Studi Tafsir terhadap QS. Ali-Imron Ayat 79)

Oktavia, Shinta and Amda, Ahmad Dibul and Masudi, Masudi (2020) Prinsip Pembelajaran dalam Perspektif Al-Quran (Studi Tafsir terhadap QS. Ali-Imron Ayat 79). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi shinta oktavia.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang prinsip-prinsip pembelajaran dalam perspektif Al-Quran terutama yang terdapat dalam Qs. Ali-Imron ayat 79. Secara umum di dalam Qs. Ali-Imron ayat 79 ini diungkapkan bahwa terdapat beberapa prinsip yang harus menjadi tolak ukur pendidik sebelum dan ketika melaksanakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirancang sebelumnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengumpulan data literatur yaitu bahan-bahan pustaka yang koheren dengan objek pembahasan yang dimaksud. Teknik analisis data menggunakan analisis isi atau content analisys. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa terdapat beberapa prinsip pembelajaran bagi seorang pendidik dalam QS. Ali-Imron ayat 79 yaitu: Pertama: konsisten pada tugas-tugas pendidikannya sesuai dengan kode etik yang berlaku bagi pendidik, seperti mengajarkan ilmu, membimbing dan membina anak didik. Kedua, keteladanan (belajar dengan melakukan). Orang yang berprofesi sebagai guru dan pendidik juga harus menjadi teladan yang baik bagi peserta didik. Dalam hal ini dalam melaksanakan tugas, pendidik tidak hanya sebatas mengajar saja (transfer of knowladge), tetapi juga harus mempunyai prinsip keteladanan. Ketiga, kontinuitas (terus-menerus). Guru dan pendidik harus terus menerus mengajar karena manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan kelemahan. Di sisi lain guru juga harus tetap belajar dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Oktavia, ShintaUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Masudi, MasudiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:46
Last Modified: 21 Feb 2023 08:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2635

Actions (login required)

View Item View Item