Sartika, Santi and Harmi, Hendra and Syahindra, Wandi (2020) Pengaruh Penggunaan Media Video Scribe terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengembangan Materi Fiqih di IAIN Curup “Studi pada Prodi PAI Semester VI 2019”. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
skripsi santi sartika.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu menyampaikan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong mahasiswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan motivasi belajar mahasiswa adalah suatu dorongan baik dari dalam ataupun dari luar diri seorang dalam suatu proses belajar untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Adapun indikator motivasi belajar adalah adanya hasrat keinginan untuk berhasil, adanya kebutuhan dalam belajar dan lain sebagainya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana kondisi Media Pembelajaran Video Scribe di Prodi PAI IAIN Curup (X)?, bagaimana kondisi Motivasi Belajar Mahasiswa di Prodi PAI IAIN Curup (Y)?, Apakah Media Pembelajaran Video Scribe berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 58 mahasiswa dan mahasiswi prodi PAI IAIN Curup. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Simpulan dari penelitian ini meliputi : pertama, Media Pembelajaran Video Scribe di prodi PAI IAIN Curup menunjukkan kategori “kuat atau tinggi”. Kedua, Motivasi Belajar Mahasiswa di prodi PAI IAIN Curup menunjukkan kategori “kuat atau tinggi”. Ketiga, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Media Pembelajaran Video Scribe dengan Motivasi Belajar Mahasiswa di prodi PAI IAIN Curup berdasarkan dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi product moment, dimana terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara Media Pembelajaran Video Scribe (X) terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Y) di prodi PAI IAIN Curup. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi xy r = 0,974** > rtabel 5% = 0,254, hasil hitungan determinasi angka R square (R2) adalah 0,948 atau 94%. Menjadikan kuatnya pengaruh antara variabel X dengan variabel Y, sedangkan sisanya 6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain, ini berarti sangat signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi lembaga pendidikan. Seyogyanya dapat memberikan motivasi dosen agar dapat lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Video Scribe, Motivasi Belajar Mahasiswa | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:46 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2628 |
Actions (login required)
View Item |