Kartika, Elisa and Ratnawati, Ratnawati and Oktori, Agus Riyan (2022) Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Program Mengaji Satu Hari Satu Baris (Sabar) Kelas 5 di SDN 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
Text
PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM MENGAJI SATU HARI SATU BARIS (SABAR) DI KELAS V SDN 7 REJANG LEBONG.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penanaman pendidikan karakter melalui program mengaji satu hari satu baris (SABAR) di SDN 7 Rejang lebong pihak sekolah melaksanakan berbagai kegiatan yang mampu menjadi wada bagi pengembangan karakter anak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran seorang guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui program mengaji satu hari satu baris (SABAR) kepada anak Sekolah Dasar, dan untuk mengetahui hambatan guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui program satu hari satu baris (SABAR). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kualitatif, sedangkan ditinjau dari tujuannya penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian berjumlah 24 orang yang terdiri atas 1 guru yang memegang program mengaji satu hari satu baris (SABAR)dan 23 siswa kelas V A SDN 7 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitain ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Penyajian data digunakan berupa triangulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) pelaksanan pendidikan karakter dengan cara di sediakan jam khusus,di panggil berdasarkan absen, guru yang mengaji khusus, menyiapkan buku kontrol. 2) Nilai-nilai karakter dalam program mengaji satu hari satu baris (SABAR) nilai disiplin, rasa ingin tahu, religius, tanggung jawab. 3) kendala dalam pelaksanaan program mengaji satu hari satu baris (SABAR) yaitu berupa kurangnya tenaga guru yang memegang program mengaji satu hari satu baris (SABAR), masih ada siswa yang kurang lancar dalam mengaji dan kurangnya dalam mengenal huruf hijaiyah dan kurangnya orang tua dalam memperhatikan perkembangan anak Kata Kunci: pendidikan karakter, program mengaji dan program sabar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 03:38 | ||||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 03:38 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2615 |
Actions (login required)
View Item |