Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Di SD IT Cahaya Robbani Kepahiang.

Hariyanti, Vivi and Amda, Ahmad Dibul and Amin, Muhammad (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Di SD IT Cahaya Robbani Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN MATEMATIKA .pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu Pendidikan karakter menjadi isu utama dalam kurikulum 2013. Bahkan di antara alasan utama perubahan kurikulum 2013 adalah alasan karakter, karena dewasa ini wajah pendidikan Indonesia tercoreng dengan banyaknya kejadian seperti tindak kriminal, bully, penganiayaan, pencabulan dan sebagainya, sehingga pendidikan karakter pendidikan karakter menjadi sebuah langkah penting guna mencegah kejadian negatif tersebut. Bahkan jauh sebelum kurikulum2013 bergulir dan diterapkan, pendidikan karakter telah ramai dibicarakan. Maka jadilah pendidikan karakter sebagai program pendidikan nasional yang dikemas kembali melalui kurikulum 2013. Tujuan penelitian untuk 1) Mendeskripsikan upaya guru Matematika dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada kurikulum 2013 di SD IT Cahaya Robbani Kepahiang, 2) Mendeskripsikan kendala guru Matematika dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada kurikulum 2013 di SD IT Cahayab Robbani Kepahiang. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) upaya guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada kurikulum 2013 dilakukan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penanaman karakter dilakukan melalui pembiasaan, keteladanan, dan pemberian motivasi. Sedangkan evaluasi sikap dilakukan dengan cara observasi yang dilakukan oleh pendidik. 2) kendala yang dialami guru Matematika dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada kurikulum 2013, yakni: pertama, kemampuan siswa yang bervariasi. Kedua, penugasan nilai-nilai karakter dari pendidik yang bervariasi. Ketiga, faktor diluar madrasah seperti lingkunga keluarga, lingkungan masyarakat, dan media massa/internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hariyanti, ViviUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013, Matematika
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:46
Last Modified: 21 Feb 2023 08:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item