Yulianti Anisih, Elvina and Ifnaldi, Ifnaldi and Daheri, Mirzon (2022) Implementasi Pembentukan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak MTS Al-Mujahidin Desa Ciptodadi. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
Skripsi Elvina Yulianti anisih.pdf Download (2MB) |
Abstract
Adapun masalah yang terjadi MTS Al-Mujahidin Desa Ciptodadi masih terdapat perilaku negatif yang dilakukan siswa seperti melanggar tata tertib selama jam sekolah seperti adanya siswa yang datang terlambat, dengan sengaja tidak mengikuti kegiatan selama di sekolah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran akidah akhlak MTS Al-Mujahidin desa ciptodadi. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian iini isubjek ipenelitian iadalah guru Akidah Akhlak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini adalah data ireduction i(reduksi idata), data idisplay i(penyajian idata), conclusion idrawing/ idata iverification i(penarikan ikesimpulan). Untuk memeriksa keabsahan data, maka dilakukan triangulasi data dengan menggunakan triangulasi sumber,metode dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru mengimplementasikan pembentukan karakter dalaqm pembelajaran Akidah akhlak pada materi solat dan akhlak terpuji, Dari materi tersebut karakter yang dibentuk adalah karakter jujur, adil, Tanggung jawab, Peduli, rasa hormat (2) Proses pengimplementasian pembentukan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak adalah dengan memperkenalkan nilai-nilai karakter tersebut saat menjelaskan materi, memotivasi siswa agar memiliki nilai-nilai tersebut saat proses pembelajaran dan diluar proses pembelajaran. Kemudian guru membiasakan melalui kegiatan sehari-hari (3) Hasil dari implementasi pembentukan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak di MTS Al-Mujahidin di Desa Ciptodadi yaitu siswa sudah jujur, siswa telah benar-benar jujur dalam melaksanakan sholat, tidak mencontek ketika ujian atau membuat tugas, Adil seperti siswa seimbang antara urusan dunia dan urusan akhirat, Tanggung jawab siswa sudah menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, Peduli siswa sudah terlihat membantu temannya agar mengerti tentang materi solat, Rasa hormat seperti menghormati pendapat temannya yang berbeda dengan nya, kemudian secara bersama-sama didiskusikan untuk mendapatkan kesimpulan yang sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter Siswa | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:45 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:45 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2610 |
Actions (login required)
View Item |