Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas I SD Negeri 17 Rejang Lebong

S, Ella and Ifnaldi, Ifnaldi and Rahmaningsih, Sri (2022) Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas I SD Negeri 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi ella.pdf

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang lebih mengutamakan peserta didik untuk lebih berperan aktif pada saat proses pembelajaran dan guru sebagai motivator. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan model Project Based Learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Untuk memahami apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa siswi kelas 1 SD Negeri 17 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini antara lain ATP, Modul Ajar dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yaitu: Pertama, Pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi perencanaan pembelajaran yang meliputi tiga tahap yakni pendahuluan, kegiatan inti yang dimana siswa diberi tugas untuk menyelesaikan proyek yang kemudian akan dipresentasikan, dan penutup. Tiga kegiatan tersebut mencakup penentuan pertanyaan mendasar, menyusun rencana, menyusun jadwal, monitoring, menguji hasil dan evaluasi pengalaman. Kedua, Faktor pendukung penerapan model pembelajaran Project Based Learning yaitu guru yang profesional, motivasi peserta didik yang positif, sarana pendidikan yang memadai. Faktor penghambat yaitu tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda dan kurangnya alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
S, EllaUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Rahmaningsih, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Pembelajaran PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:45
Last Modified: 21 Feb 2023 08:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item