Hubungan Antara Pembelajaran Pendidikan Agama Iislam dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas vii SMP N 4 Rejang Lebong

Karomah, Rahmatul and Nuzuar, Nuzuar and Arbaini, Wiwin (2019) Hubungan Antara Pembelajaran Pendidikan Agama Iislam dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas vii SMP N 4 Rejang Lebong. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS VII .pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran adalah usaha membimbing peserta didik dan menciptakan lingkungan yang membentuk. Pendidikan Agama Islam adalah bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama (insan kamil). Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Hubungan antara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Spiritual Siswa SMP N 4 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasi, yaitu menjelaskan tentang ada tidaknya hubungan antara variabel X sebagai variabel independent atau bebas (pembelajaran pendidikan agama Islam) dengan variabel Y sebagai variabel dependent atau terikat (kecerdasan spiritual). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 4 Rejang Lebong , yang berjumlah 245 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan penelitian, dan sampel yang akan diambil yaitu kelas VII F yang berjumlah 30 siswa. Mengggunakan Rumus Validitas, Reabilitas, dan Normalitas.dan Product Moment. Spiritual siswa SMP N 4 Rejang Lebong. Perhitungan angka korelasi antara variabel X dan variabel Y tidak bertanda negatif, berarti di antara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya rxy ( yaitu = 0,4184) yang besarnya berkisar antara 0,400 – 0,500 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y adalah termasuk korelasi positif yang sedang. Perhitungan diperoleh hasil Koefisiensi Determinasi sebesar 17,50%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X (pembelajaran PAI) mempengaruhi variabel Y (kecerdasan spiritual siswa) sebesar 17,50% dan ini berarti bahwa 82,5% lagi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dari deskripsi data diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat kecerdasan spiritual siswa SMPN 4 Rejang Lebong ada hubungannya dan dipengaruhi oleh pembelajaran PAI, sekalipun korelasi positif itu hanya Sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Karomah, RahmatulUNSPECIFIED
Nuzuar, NuzuarUNSPECIFIED
Arbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan; Agama; Islam; Kecerdasan; Spiritual;
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurma Yunita
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:17
Last Modified: 25 Jul 2019 07:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item