Efektivitas Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas V Pada Pelajaran IPA di SDN 05 Rejang Lebong

Heryanti, Efni and Rahman, Abdul and Syaripah, Syaripah (2022) Efektivitas Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas V Pada Pelajaran IPA di SDN 05 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi EFNI HERYANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan media audio visual memberikan dampak yang baik bagi perkembangan proses belajar mengajar dan hasil yang dicapai. Karena melalui proses pembelajaran dengan menggunkan media audio visual adanya kualitas pembelajaran artinya siswa mendapatkan pesan dan isi pembelajaran, siswa tangap dan aktif dan memberikan respon yang baik dalam kelas, guru dapat mengelola pembelajaran baik, adanya peningkatan pada hasil belajar yang tuntas secara klasikal rumuasan masalah penelitian ini yaitu pertama Bagaimana kemampuan pemahaman siswa dengan penerapan media audio visual pada kelas V di SDN 05 Rejang Lebong kedua,Bagaimana pelaksanaan pengunaan media audio visual pada pembelajaran Ipa kelas v di SDN 05 RL,ketiga Pengaruh pengaruh efektivitas audio visual terhadap kemampuan pemahaman siswa kelas V di SDN 05 Rejang Lebong Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis pre- experimental Design dalam bentuk one- grup pretest – posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus T-test yang bertujuan untuk menguji dan memberikan indikator perbedaan sebelum dan setelah treatmen dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksananan media audio visual pada pembelajaran IPA baik pada kegiatan guru maupun pada siswa kelas V di SDN 05 Rejang Lebong di kategorikan sangat baik atau sangat efektiv jika dipantau dari proses pembelajaran. pada pre tes hanya 3 orang siswa yang tuntas atau 18,75%., dan 13 siswa atau 81.25% dalam kategori tidak tuntas, pada posttes terdapat 12 orsng siswa yang tuntas atau 75%. Dan 4 siswa atau 25%. Berdasarkan t hitung atau t kritis maka diperoleh t= 3,712 > 1,746 dengan taraf signifikasi sebesar 0,05% dinyatakan pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media audio visual terhadap pemahamn siswa. Asrtinya media audio visual sangat effektif untuk meningkatkan pemahaman siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Heryanti, EfniUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Audio Visual dan kemampuan Pemahaman
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:45
Last Modified: 21 Feb 2023 08:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2581

Actions (login required)

View Item View Item