Kerjasama Kepala Sekolah Dan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Melaksanakan Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 5 Rejang Lebong

Taruna Bilqsthy, Dyone and Rizal, Syamsul and Nafrial, Nafrial (2022) Kerjasama Kepala Sekolah Dan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Melaksanakan Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 5 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Dyone Taruna Bilqsthy.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan program bimbingan dan konseling disekolah tidak hanya ditentukan oleh keahlian dan keterampilan para petugas bimbingan dan konseling, namun juga sangat ditentukan oleh komitmen dan keterampilan seluruh staf sekolah, terutama dari kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor. Kepala sekolah bertanggung jawab dalam pelaksanaan program-program, penilaian, penelitian dan perbaikan atau peningkatan layanan bimbingan dan konseling. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru pembimbing dan kepala sekolah bekerjasama dalam pelaksanakan layanan bimbingan dan konseling, untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk kerja sama guru pembimbing dan kepala sekolah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling dan untuk mengetahui bagaimana hasil kerjasama guru pembimbing dan kepala sekolah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah Guru pembimbing, Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah, dan bendahara Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tehnik keabsahan data triangulasi tehnik analisis data. Hasil penelitian diperoleh (1) Kerjasama guru pembimbing dan kepala sekolah di dalam pembuatan program, pelaksanaan program sudah berjalan dengan lancar walaupun kepala sekolah tidak ikut serta secara langsung dalam melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling, tetapi keterlibatan kepala sekolah sudah sangat aktif dan selalu memfasilitasi apa saja yang dibutuhkan oleh guru pembimbing dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling. Dilihat dari dokumen-dokumen yang telah di tanda tangani oleh kepala sekolah (2) Faktor yang mendukung kejasama antara guru pembimbing dan kepala sekolah yaitu kepala sekolah selalu mensuport setiap kegiatan layanan bimbingan dan konseling dan selalu memfasilitasi kegiatan bimbingan dan konseling. Adapun juga faktor yang menghamabat seperti tidak ada jam masuk kelas dan kurangnya guru pembimbing (3) hasil kerjasama guru pembimbing dan kepala sekolah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling sudah cukup baik karena kepala sangat aktif ketika dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling dan juga kepala sekolah selalu mensuport kegiatan-kegiatan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Taruna Bilqsthy, DyoneUNSPECIFIED
Rizal, SyamsulUNSPECIFIED
Nafrial, NafrialUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Guru Pembimbing, Kepala sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:43
Last Modified: 21 Feb 2023 08:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2567

Actions (login required)

View Item View Item