Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri 18 Rejang Lebong

Romatul Aini, Dwi Suci and Susilawati, Susilawati and Rahmat, Jamaluddin (2022) Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Dwi Suci Rohmatul Aini.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 18 Rejang Lebong dan untuk Mengetahui Bagaimana Solusi untuk Mengatasi Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 18 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini adalah analisis deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas II dan Siswa Kelas II SD Negeri 18 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan prosedur analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas II Sekolah Dasar yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang meliputi faktor intelektual, faktor fisiologis siswa yang meliputi keadaan indera penglihatan dan pendengaran, serta faktor psikologis siswa yang meliputi motivasi, minat, dan rasa percaya diri siswa itu sendiri. Faktor eksternal yang meliputi faktor lingkungan keluarga dan sekolah. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas II Sekolah Dasar adalah dengan sekolah menjalankan program pemerintah yaitu dijalankannya gerakan literasi. Selain itu sekolah juga menyediakan fasilitas perpustakan yang memadai dan menyediakan pojok baca di setiap ruang kelas. Dan untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar berdasarkan faktor fisik, kecerdasan, minat, motivasi dan rasa percaya diri anak dapat dibantu oleh orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Romatul Aini, Dwi SuciUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Rahmat, JamaluddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor Penghambat, Pembelajaran Membaca Permulaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:43
Last Modified: 21 Feb 2023 08:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item View Item