Implementasi Model Paikemi ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kretif, Efektif, Menyenangkan Dan Islami ) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Fiqih (Studi Mis Guppi No.13 Tasik Malaya Curup Utara)

Wulandari, Wulandari and Azwar, Beni and Cikdin, Cikdin (2020) Implementasi Model Paikemi ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kretif, Efektif, Menyenangkan Dan Islami ) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Fiqih (Studi Mis Guppi No.13 Tasik Malaya Curup Utara). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi wulandari.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan islami untuk meningkatkan motivasi belajar siswa banyak hal yang dilakukan oleh pendidik terutama mata pelajaran fiqih dikelas IV diantaranya pendidik membuat pembelajaran lebih aktif, kreatif dan menyenangkan dan dalam KBM pendidik menggunakan banyak metode dan membuat media sendiri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah Guru mata pelajaran fiqih kelas IV Mis Guppi No.13 Tasik Malaya Curup Utara, Kepala sekolah dan siswa yang bersangkutan adapun data yang tersusun dari dokumen-dokumen serta dokumentasi. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu berupa Metode wawancara (Interview), Observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian data), Conclusion Drawing (Penarikan kesimpulan). Simpulan penelitian ini adalah pertama Implementasi model PAIKEMI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang diterapkan pada pembelajaran fiqih kelas IV sudah berjalan dengan baik. Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa guru sudah menggunakan metode yang bervariasi, yang mampu membuat peserta didik aktif, dan kretif. Pembelajaran efektif dimana peserta didik paham akan materi yang disampaikan. Pembelajaran yang menyenangkan dimana ketika siswa merasa bosan guru mengajak bermain untuk membangkitkan semangat bealjar siswa kembali. Dan juga guru fiqih sering memberi reward kepada siswa. Dengan kata-kata pujian maupun dengan kata-kata motivasi. Pembelajaran yang islami, sebelum belajar peserta didik berdoa dan membaca surat-surat pendek terlebih dahulu. Kedua Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran PAIKEMI meliputi : 1. Faktor pendukung adalah Terjadinya pendekatan antara pendidik dengan peserta didik, adanya interaksi, banyak metode yang digunakan, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2. Faktor penghambat adalah sarana dan prasarana kurang mendukung, atau belum memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wulandari, WulandariUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Cikdin, CikdinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Paikemi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:41
Last Modified: 21 Feb 2023 08:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item View Item