Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) di Sekolah SMP N 05 Rejang Lebong

Aprianti, Wulan and Mustar, Saidil and Putri, Dini Palupi (2020) Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) di Sekolah SMP N 05 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi wulan aprianti.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

Implementasi Kurikulum 2013 menggagas pendidikan yang berkarakter yang menutut orang-orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan terutama guru dapat memahami system yang telah diperbaharui sebelumnya yang mana salah satunya Kurikulum 2013 menuntut pengajaran yang lebih Kreatif, Inovatif dan wawasan lebih luas tentang pengembangan bahan ajar dimana hal itu akan menarik perhatian siswa untuk lebih suka dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi Implementasi Kurikulum 2013, Minat Belajar Siswa, dan untuk membuktikan Implementasi Kurikulum berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Belajar Siswa di SMP N 05 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan penelitian lapangan( Field Research). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Propotional Random Sampling. Dengan sampel setengah dari populasi yaitu sebanyak 97 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah t-test satu sampel dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 adalah baik. Ditunjukan dengan hasil Thitung 2,34 >Ttabel 1,987 dan minat belajar siswa adalah baik sehingga hipotesis dugaan diterima hal ini ditunjukan dengan hasil Thitung sebesar 1,31<Ttabel taraf 5% yaitu 1987. Serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Implemntasi Kurikulum 2013 dan Minat Belajar Siswa, Hal ini dapat ditunjukan dengan Koefisien Korelasi sebesar 0,946 yang lebih besar dari rtabel taraf 5% diperoleh 0,202. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: Pertama, Implementasi Kurikulum 2013 dengan hipotesis nihil diterima yaitu Implementasi Kurikulum 2013 di SMP N 05 Rejang Lebong baik. Kedua, Minat Belajar Siswa dengan hipotesis nihil diteima yaitu Minat Belajar Siswa di SMP N 05 Rejang Lebong baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang Positif dan Signifikan antara Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Minat Belajar Siswa di SMP N 05 Rejang Lebong adalah 89,49% yang bearti menunjukan ada pengaruh antara keduanya, serta kesimpulan yang dapat diambil yaitu bahwa ada Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Minat Belajar Siswa di SMP N 05 Rejang Lebong tergolong kuat dan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aprianti, WulanUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Putri, Dini PalupiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Minat Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:39
Last Modified: 21 Feb 2023 08:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2540

Actions (login required)

View Item View Item