Lestari, Dwi and Kurniawan, Kurniawan and Baryanto, Baryanto (2022) Formulasi Guru Dalam Menggali Dan Mengetahui Bakat Siswa di SDIT Rabbi Radhiyya Curup. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
Skripsi Dwi Lestari.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan pada hakikatnya merupakan proses dari dalam diri untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar diri. Namun pada kenyataannya sekolah menuntut siswanya untuk bisa di semua mata pelajaran maka banyak siswa yang merasa tertekan dan bingung, sehingga ada siswa yang kurang berminat terhadap suatu pelajaran tertentu yang menurut mereka sulit. Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena tentunya bisa merugikan para siswa. Penelitian ini dilakukan di SD IT Rabbi Radhiyya Curup dengan tujuan penelitian: (1) untuk mengetahui bagaimana formulasi guru dalam menggali dan mengetahui bakat siswa di SDIT Rabbi Radhiyya Curup. (2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat bakat siswa di SD IT Rabbi Radhiyya Curup. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriftif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru olahraga, guru tahfiz, wali kelas IV dan siswa kelas IV. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (menarik kesimpulan). Berdasarkan hasil temuan penelitian yang diperoleh adalah: Pertama, formulasi guru dalam menggali dan mengetahui bakat siswa meliputi, (a) sekolah memberikan wadah kepada para siswa berupa perlombaan pada event sekolah, (b) guru memberikan stimulasi/rangsangan kepada para siswa berupa wawasan dan ilmu pengetahuan, (c) guru melakukan observasi dan pengamatan kepada para siswa baik itu dalam proses pembelajaran maupun di dalam kegiatan di lingkungan sekolah, (d) melakukan pendekatan kepada siswa yang memiliki kepribadian tertutup/introvert untuk membantu menggali dan mengetahui bakatnya. Kedua, faktor pendukung dan penghambat bakat siswa di SD IT Rabbi Radhiyya Curup ini yaitu: (a) faktor pendukungnya terdiri dari: lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga siswa, kepribadian, minat dan motivasi, penilaian dari orang lain. (b) faktor penghambatnya yaitu: waktu yang terbatas saat di sekolah, siswa yang cendring tertutup/pendiam dan orang tua yang kurang mendukung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Formulasi Guru, Bakat Siswa | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:39 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:39 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2538 |
Actions (login required)
View Item |