Sintia, Dita and Hardivizon, Hardivizon and Yunita, Nurma (2022) Implementasi Metode Kauny Quantum Memory Dalam Menghafal Alquran Di Yayasan Sulifah Islamic Education Lubuk Linggau (Studi Living Quran). Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
Skripsi Dita Sintia.pdf Download (2MB) |
Abstract
juk dan pemberi pelajaran bagi manusia sekaligus pembeda dari yang hak dan yang batil. Diantara keistimewaan Alquran adalah ia merupakan kitab yang Allah mudahkan untuk dihafal dan dijadikan pelajaran. Menghafal Alquran tidak hanya dilakakukan dipesantren saja, namun dilaksanakan dan dikembangkan oleh lembagalembaga pendidikan, salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai program tahfidz adalah Yayasan Sulifah Islamic Education Lubuk Linggau. Penghafalan Alquran diyayasan sulifah islamic education lubuk linggau menggunakan metode menghafal dengan metode kauny quantum memory dengan tujuan agar mempermudah santri dalam menghafal Alquran dan memahami arti ataupun makna dalam Alquran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, yakni langsung terjun kelapangan mendeskripsikan fenomena, informasi dan data yang ada dilapangan terkait dengan apa yang telah dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah santri tahfidz, guru,dan pimpinan yayasan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di yayasan sulifah islamic education lubuk linggau yang berjumlah 1 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan skunder, sumber data yang digunakan Responden dan Informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa dalam proses penerapan metode kauny quantum memory di yayasan sulifah islamic education sudah berjalan dengan efektif hal ini dapat dilihat dari santri yang sudah bisa mempraktekkan cara menghafal Alquran dengan melakukan hal hal yang terdapat dalam metode kauny quantum memory yaitu dengan menghafal Alquran dengan menggunakan gerakan tubuh sehingga membuat santri lebih mudah menghafal sekaligus memahami makna dari Alquran dan dalam membacanya sudah lancar dan benar sesuai dengan ilmu tajwid serta makhorijul hurufnya sudah pas akan tetapi ada beberapa murid yang belum bisa dikarenakan masih terbata-bata menghafal dan ditambah materi lain seperti Akhlak, Aqidah dan Fiqih yang dapat membentuk perilaku yang positif dan memperkaya ilmu murid. Hal tersebut merupakan bekal bagi murid dalam kehidupan sehari-hari untuk mengamalkan Alquran dengan cara menghiasi diri pada ajaran Agama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Kauny quantum memory, Menghafal, Alquran. | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Alquran dan Tafsir | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:38 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:38 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2522 |
Actions (login required)
View Item |