Anwar, Rahmadi and Murniyanto, Murniyanto and Arsil, Arsil (2021) Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Disiplin Siswa SMA Negeri Megang Sakti. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
rahmadi Anwar.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter di sekolah sangatlah terkait dengan manajemen atau pengolahan sekolah. Masih banyak para siswa mengabaikan pentinya pendidikan karakter terutama dalam hal kedisiplinan, kurangnya perhatian terhadap pendidikan karakter berbasis kedisiplinan siswa sangat berpengaruh dalam dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang baik. Di SMA Negeri Megang sakti kedisiplinan sudah berjalan dengan baik meskipun belum maksimal masis ada beberapa pelanggaran yang terjadi pada saat dilingkungan sekolah, seperti terlambat datang, siswa yang tidak membawa perlengkapan saat upacara dan lain sebagainya. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis disiplin siswa SMA Negeri Megang Sakti, (2) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam implementasi pendidikan karakter melalui disiplin siswa SMA Negeri Megang Sakti, (3) Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter berbasis disiplin siswa SMA Negeri Megang Sakti. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMA Negeri Megang Sakti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Guru Kelas, dan Siswa. Objek penelitian dilakukan di SMA Negeri Megang Sakti. Data kualitatif dianalisis melalui pengidentifikasian data, pengklarifikasian data, penganalisisan data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama Implementasi Perencanaan (Planning) Manajemen pendidikan karaketer dalam Meningkatkan kedisiplinan di SMA Negeri Megang Sakti yaitu: Perencanaan direncanakan sebelum adanya tahun ajaran baru. Kedua Implementasi Pelaksanaan (Actuating) Manajemen Pendidikan karakter dalam pelaksaan kedisiplinan di SMA Negeri Megang Sakti, yaitu dengan melaksanakan yang sudah direncanakan tersebut. Ketiga Implementasi Evaluasi dengan mengevaluasi pelasanaan yang sudah dilaksakan dengan memeberikan catatan yang di bentuk laporan untuk diserahkan ke waka kesiswaan agar di koreksi sudah sejauh mana pendidikan karakter disekolah tersebut dalam hal kedisiplinan. Faktor yang mempengaruhi karaketer peserta didik lebih dominan ke faktor lingkungan dan pada saat disekolah akan di adakannya evaluasi, evaluasi yang dimaksud adalah dengan observasi terhadap semuai guru yang terlibat dengan proses penilaian karakter peserta didik dengan membuatkan catatan perkembangan peserta didik selama proses belajar mengajar. Kata kunci: Implementasi, Manajemen, Karaketer Berbasis Kedisiplinan Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:38 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:38 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2518 |
Actions (login required)
View Item |