Penerapan Metode Drill Pembelajaran Materi Qalqalah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Smp Negeri 13 Rejang Lebong

Wati, Rahma and Asha, Lukman and Sagiman, Sagiman (2022) Penerapan Metode Drill Pembelajaran Materi Qalqalah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Smp Negeri 13 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
rahma wati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dengan menggunakan metode drill membuat siswa tetap aktif, belajar mengasah motorik dan cara berpikir mereka dalam belajar serta untuk menarik minat siswa khususnya dalam pelajaran ilmu tajwid. Rendahnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran PAI khususnya dalam materi pokok ilmu tajwid, seperti siswa sering bercanda, sering melamun dan siswa sering keluar masuk kelas. Metode yang digunakan selalu monoton yaitu guru menggunakan metode ceramah, sehingga siswa merasa bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode drill di S MP Negeri 13 Rejang Lebong dan untuk mengetahui penerapan metode drill dapat meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi hukum bacaan Qalqalah di SMP Negeri 13 Rejang Lebong. Minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok hukum bacaan qalqalah kelas VIII G di SMP Negeri 13 Rejang Lebong setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode drill pada siklus I dan siklus II menunjukan peningkatan minat belajar yang signifikan. Pada siklus I minat belajar Pendidikan Agama Islam anak sudah meningkat dari pra siklus. Dari 22 siswa terdapat sebanyak 5 orang (22 %) memiliki minat belajar tinggi, minat belajar yang sedang 11 orang (55 %) dan 6 orang (28 %) memiliki minat belajar rendah, sehingga perlu dilakukan siklus II. Pada siklus II minat siswa meningkat yaitu seluruh siswa (100 %) memilki minat yang tinggi dengan interval perolehan nilai kuesioner antara 50-60, siswa menunjukkan minat belajar yang besar dan nilai yang dicapai berada diatas kriteria yang ditentukan. Kata kunci : Metode Drill, Penelitian Tindakan Kelas, Minat Belajar ix DAFTA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wati, RahmaUNSPECIFIED
Asha, LukmanUNSPECIFIED
Sagiman, SagimanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:37
Last Modified: 21 Feb 2023 08:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item