“kecerdasan Emosional guru dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Rejang lebong”

Jaya, Riski Putra (2018) “kecerdasan Emosional guru dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Rejang lebong”. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
“KECERDASAN EMOSIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 4 REJANG LEBONG”.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini bahwa idealnya kecerdasan emosional seseorang yang diterapkan dengan baik terutama oleh guru di dalam kelas dapat membuat proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan serta pencapaian dari tujuan pendidikan dapat terealisasikan, maka dari itu permasalahan dalam penelitian yang ingin diketahui oleh peneliti adalah: Kecerdasan Emosional Guru Dalam Pembeljaran PAI di SMK Negeri 4 Rejang Lebong dan peneliti ingin melihat bagaimana kecerdasan emosional itu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan siswa di SMK Negeri 4 Rejang Lebong. Tekhnik pengumpulan data dengan tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tekhnik analisa data. Hasil penelitian ini diketahui bahwa kecerdasan emosional guru dalam pembelajaran PAI dapat membantu guru dalam menjalankan tugasnya dan mewujudkan tujuan dari pendidikan. Hal ini ditunjukkan lewat 5 bentuk kecerdasan emosional guru yang selalu diterapkan oleh guru dalam mengelolah kelasnya. Bagaimana guru menyikapi siswa yang ribut, profesionalisme guru dalam mengenyampingkan masalah pribadinya, guru memotivasi siswanya, kepedulian guru tersebut terhadap siswanya, serta bagaimana guru itu membangun hubungan baik terhadap siswanya demi tumbuhnya semangat belajar siswa mulai dari guru membuka pembelajaran sampai menutup pembelajaran. Kemudian faktor pendukung dan penghambat kecerdasan emosional guru dalam proses pembelajaran menjadi tolak ukur dari penerapan kecerdasan emosional guru ini dalam upayanya menjadikan kondisi kelas selalu kondusif selama proses pembelajaran berlangsung demi terwujudnya tujuan dari pendidikan. Ini juga dapat dibuktikan lewat 5 bentuk kecerdasan emosional guru dalam pembelajaran. Bagaimana faktor lingkungan sekolah dan kelas, faktor kondisi keluarga siswa, pemahaman agama yang dimiliki guru, pemahaman guru terhadap perasaan siswanya, karakter siswa, serta profesionalisme guru tersebut menjadi faktor yang mendukung sekaligus menghambat guru dalam mengenali emosinya, mengelolah emosinya, memotivasi diri sendiri, berempati, dan membina hubungan terhadap siswa mulai dari awal pembelajaran samapai pembelajaran berakhir. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional guru dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 4 Rejang Lebong telah diterapkan secara maksimal dengan terciptanya keadaan yang kondusif di dalam kelas saat proses pembelajaran yang membuat siswa di SMK Negeri 4 Rejang Lebong lebih mudah menyerap semua penjelasan yang disampaikan oleh gurunya di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Jaya, Riski PutraUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerHarmi, HendraUNSPECIFIED
ReviewerYanuarti, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:17
Last Modified: 25 Oct 2019 04:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item