Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus MTs Ar-Rahmah)

Loreta, Indri and Rahman, Abdul and Masudi, Masudi (2018) Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus MTs Ar-Rahmah). Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang karena peneliti ingin mengetahui kondisi MTs Ar-Rahmah serta strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Ar-Rahmah, dan ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs ArRahmah. Dengan tujuan untuk mengetahui kondisi MTs Ar-Rahmah, serta strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs ArRahmah, dan faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Ar-Rahmah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, displey data, dan verifikasi data. Analisis data tersebut bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Ar-Rahmah. Kesimpulan dari penelitian,Pertama, kondisi Umum di MTs Ar-Rahmah saat ini 1) Masih adanya beberapa gedung yang sedang dalam renovasi 2) Kurikulum yang digunakan MTs Ar-Rahmah adalah dari kemenag dan kurikulum Pondok Modern 3) Dari tabel keadaan sarana dan prasarana, masih ada beberapa sarana dan prasarana yang harus ditambahkan. Kedua, strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah:1) Rutin mengikuti pelatihan-pelatihan dan kelompok kerja guru 2) Membuat pembelajaran lebih baik/ lebih aktif dengan menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi 3) menanamkan minat siswa dalam belajar. Ketiga, Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah 1) dukungan dari kepala sekolah 2) dari siswa itu sendiri. Faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan Ar-Rahmah yaitu dari masih kurangnya sarana dan prasarana di sekolah yang sedikit memperhambat proses pembelajaran, dan kurangnya akses internet di sekolah sehingga guru hanya satu-satunya sumber siswa dalam mencari ilmu pengetahuan. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Kualitas Pendidik

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Loreta, IndriUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Masudi, MasudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI; Kualitas Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mrs Tika Meldina
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:48
Last Modified: 25 Jul 2019 03:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item