Pengaruh Electronic Wallet, Gaya Hidup dan Promosi terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Angkatan-2018

Safitri, Dina and Noprizal, Noprizal and Andriko, Andriko (2022) Pengaruh Electronic Wallet, Gaya Hidup dan Promosi terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Angkatan-2018. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Dina Safitri.pdf

Download (2MB)

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang sesuai kebutuhan manusia memiliki peran penting yang mampu menyediakan dunia yang tanpa batas, jarak, ruang dan waktu. Salah satunya adalah bidang ekonomi, terdapat sistem pembayaran dalam suatu transaksi yang semakin modern dan canggih seperti electronic wallet. Perilaku konsumsi mahasiswa salah satunya juga berkaitan dengan gaya hidup serta promosi dari suatu barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhannya. Konsumsi menurut Islam adalah mengeluarkan sesuatu dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia yang memiliki tujuan utama agar mencapai kebaikan dunia dan akhirat. Bersenang-senang, mengkonsumsi, dan bergaya berlebih-lebihan sangat tidak cocok dalam Islam. Melihat kondisi tersebut penelitian ini menemukan fakta mengenai seberapa besar pengaruh electronic wallet, gaya hidup dan promosi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa IAIN Curup angkatan-2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskripif, sumber data primer berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Curup angkatan-2018 yang berjumlah 853orang, sedangkan pengguna e-wallet berjumlah 81 orang dan sampel yang diambil adalah 65 sampel dengan menggunakan tabel penentu jumlah sampel dari Issac dan Michael dengan tingkat margin of error 5%. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Uji statistik yang terdiri dari uji t untuk menguji variabel secara parsial, serta uji F untuk menguji antar variabel secara simultan. Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinieritas, uji heteroskedasitas. Hasil penelitian menunjukkan dalam pengujian T test pada variabel electronic Wallet nilai koefisien sebesar 2,683 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009 < 0,05 dan pada variabel promosi nilai koefisien sebesar 3,227 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa electronic wallet dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial. Sedangkan variabel gaya hidup nilai koefisien sebesar 0,842 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,402 > 0,05, berpengaruh negatif dan tidak signifikan secara parsial terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Penelitian secara simultan dibuktikan dengan melihat nilai koefisien sebesar 18,479 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, bahwa electronic wallet, gaya hidup, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa IAIN Curup angkatan-2018

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Safitri, DinaUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Andriko, AndrikoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Electronic Wallet, Gaya Hidup, Promosi, dan Perilaku Konsumsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:37
Last Modified: 21 Feb 2023 08:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2494

Actions (login required)

View Item View Item