Upaya Guru Memotivasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sdn 16 Rejang Lebong

Heriyan, Rafi Muhammad and Rahman, Abdul and Yanuarti, Eka (2022) Upaya Guru Memotivasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sdn 16 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
RAFI MUAHMMAD.pdf

Download (942kB)

Abstract

Merebaknya kasus pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sejak Desember 2019 sampai saat ini mengharuskan semua proses kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik untuk sementara waktu dilakukan di rumah. Hal itu perlu dilakukan guna meminimalisir kontak fisik secara massal sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Untuk mengisi kegiatan belajar mengajar yang harus diselesaikan pada tahun pelajaran ini, pemerintah mengambil kebijakan pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh dengan media daring (dalam jaringan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru memotivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di SD Negeri 16 Rejang Lebong dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru memotivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di SD Negeri 16 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, untuk mengecek keabsahan data digunakan Teknik Triangulasi Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan beberapa tahap yaitu Reduksi Data, Penyajian Data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (Conclusion drawing/verivication) Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya guru dalam memotivasi pembelajaran daring yaitu menciptakan pembelajaran yang berinovasi dan bervariasi, meningkatkan antusias dalam belajar, memberikan penghargaan, faktor pendukung dan penghambat, menggunakan alat elektronik dan belajar dari rumah untuk memutuskan mata rantai virus Covid-19 diberikan fasilitas belajar kuota dari kemendikbud sedangkat penghambatnya keterbatasan kuota dan sinyal yang sering hilang membuat kesulitan dalam belajar. Kata Kunci: Upaya, Memotivasi Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Heriyan, Rafi MuhammadUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Yanuarti, EkaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:36
Last Modified: 21 Feb 2023 08:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item View Item