Farikah, Nikmatul and Kurniawan, Kurniawan and Siswanto, Siswanto (2021) Pemikiran Pendidikan Islam K.H Hasyim Asy’ari dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Pesantren. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Nikmatul Farikah.pdf Download (982kB) |
Abstract
Pendidikan Islam membutuhkan suatu pengelolaan yang baik, terencana dan teratur. Agar dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan segala hal dan proses yang berlangsung dapat dikelola dengan baik. Sehingga mampu menumbuh kembangkan eksistensi lembaga pendidikan Islam ditengah-tengah persaingan global, pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, mengimani, bertaqwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al-qur‟an dan Hadits.oleh karena itu diperlukan kajian lebih mendalam tentang pendidikan dari bebrapa literatur klasik maupun modern yang akan memberikan sumbangan terhadap pemikiran tersebut. Jika kita meninjau ulang kitab Adab Al-alim Wa al Muta‟alim karya K.H Hasyim Asy‟ari maka terdapat risalah yang memuat tentang pendidikan yang harus dimiliki baik oleh pendidik maupun peserta didik, berangkat dari permasalahan di atas maka penelitian menjadi urgen untuk dilakuka. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaiman Pemikiran Pendidikan menurut K.H. Hasyim Asy'ari?, 2. Bagaimana Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam menurut K.H. Hasyim Asy'ari Terhadap Pendidikan Pesantren? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan alat pengumpulan data dokumentasi. Sumber data primer yaitu data dikumpulkan, diolah dan disajikan peneliti sebagai sumber pertama, yaitu Buku Adab Al-alim Wa al Muta‟alim karya K.H Hasyim Asy‟ari, dan data sekunder yaitu data yang dikumpulkan, disajikan dan diolah pihak lain yang biasanya dalam bentuk skripsi atau jurnal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1). Pemikiran pendidikan K.H Hasyim Asy‟ari yang terdapat dalam kitab Adab Al-alim Wa al Muta‟alim adalah mengetengahkan nilai-nilai estetis yang bernafaskan sufistik. Kecendrungan ini dapat terbaca dalam gagasan-gagasannya, misalnya dalam keutamaan menuntut ilmu. Untuk mendukung itu dapat dikemukakan bahwa bagi hasyim asy‟ari keutamaan ilmu yang sangat istimewa adalah bagi orang�orang yang benar li allahi ta‟ala. (2). Relevansi penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan K.H Hasyim Asy'ari berkaitan dengan pendidikan Pesantren lirboyo. Hal ini terlihat dari kesesuaian antara teori pendidikan K.H Hasyim Asy'ari yang ditinjau dari tujuan, metode, sumber dan kurikulum beliau dengan pendidikan yang diterapkan di Pesantren lirboyo. Kata Kunci : Pemikiran K.H Hasyim Asy‟ari, Pendidikan Islam, Pesantren
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:36 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:36 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2483 |
Actions (login required)
View Item |