Analisis Pendapatan Produsen Tahu Pada Masa Pandemi Dalam Efisiensi Usaha (Studi Kasus Pada Produsen Tahu di Sidorejo Rejang Lebong)

Novita, Rahma and Istan, Muhammad and Andriko, Andriko (2022) Analisis Pendapatan Produsen Tahu Pada Masa Pandemi Dalam Efisiensi Usaha (Studi Kasus Pada Produsen Tahu di Sidorejo Rejang Lebong). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
rahma Novita(2).pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendapatan adalah hasil dari penjualan seseorang, perusahaan dalam bentuk upah, gaji, sewa, bunga komisi dan laba dalam periode tertentu. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pendapatan produsen tahu pada masa pandemi covid-19, untuk mengetahui strategi upaya produsen tahu dalam menjamin efesiensi usaha, untuk mengetahui hambatan pada masa pandemi covid-19. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif atau jenis penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh yaitu berasal dari data primer dan data sekunder. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah pihak produsen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Dari Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini yang menunjukkan bahwa: Bahwa usaha tahu milik Bapak Miswanto yang berdiri sejak tahun 1996 oleh Bapak Miswanto sendiri dengan menggunakan modal pribadi dan dibantu oleh keluarga dan seiring berjalannya waktu, usaha milik Bapak Miswanto sudah memiliki 7 karyawan sampai saat ini. Perkembangan Pendapatan produsen tahu Bapak Miswanto dari sebelum masa pandemi dan pada pandemi covid-19 mengalami naik turun setiap tahunnya. Strategi Produsen Tahu Dalam Menjamin Efisiensi Usaha dengan menjaga kualitas produk, harga yang ditawarkan, promosi dan selain itu tempat yang ditetapkan dengan memilih lokasi yang strategi di pasar atas Curup Tengah merupakan pasar terbesar di Curup, adapun promosi yang diterapkan promosi dari mulut ke mulut, belum optimal dalam memanfaatkan media sosial yang ada. Hambatan masa pandemi Covid-19, kenaikan bahan baku secara tiba-tiba dan terus menerus mengurangi proses produksi dan adanya pesaing, menjaga kualitas yang produk. Kata kunci :Pendapatan, Produsen, Efesiensi usaha

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Novita, RahmaUNSPECIFIED
Istan, MuhammadUNSPECIFIED
Andriko, AndrikoUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:36
Last Modified: 21 Feb 2023 08:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2482

Actions (login required)

View Item View Item